IAKMI Bagi Ribuan Masker untuk Pengguna Jalan

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Aceh Besar, Anita, SKM membagikan masker kepada seorang pengguna jalan di kawasan pasar Lambaro Aceh Besar, Rabu (22/4/2020). (Analisisnews.com/Barlian)

KOTA JANTHO – Mengantisipasi penyebaran Covid-19, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) kabupaten Aceh Besar m mbagi-bagikan ribuan masker untuk pengguna jalan di sejumlah titik di Aceh Besar.

Usai membagikan masker di kawasan pasar Lambaro, Rabu (22/4/2020), Ketua IAKMI cabang Aceh Besar, Burhanuddin, SKM mengatakan pada tahap awal pembagian masker dilakukan di sejumlah titik yakni Pasar Sibreh Kuta Malaka, Pasar Samahani dan kecamatan Ingin Jaya.

“Mudah-mudahan dengan adanya partisipasi IAKMI dan Dinas Kesehatan Aceh Besar (mbagi-bagikan masker), Insyah Allah pnanganan covid ini akan lebih baik,” kata Burhanuddin.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita, SKM mengatakan, masker-masker tersebut berasal dari sumbangan anggota IAKMI yang terkumpul mencapai Rp. 20 juta.

“Kamii IAKMI sudah menggalang dana untuk mempersiapkan 3000 masker yang hari ini kita bagikan. Kami mengharapkan kepada masyarakat di Abes jangan memakai masker medis (berwarna hijau), karena kebutuhan untuk medis terbatas,” kata Anita.

Anita mengajak masyarakat untuk menggunakan masker kain yang bisa dicuci setelah dipakai. “Setiap orang diharapkan memiliki masker kain minimal dua masker,” katanya.

Dalam pencegahan dan penanganan Covid-19, pihaknya mengharapkan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol Covid-19 dari pemerintah, seperti cuci tangan dengan sabun, menerapkan physical distancing, social distancing, mengindari keramaian dan lainnya.

Disisi lain, dia berharap kedepannya tidak ada lagi kasus baru Covid-19 di Aceh khususnya Aceh Besar. “Kita terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan supaya tidak ada lagi cobid di Aceh Besar,” harap Anita yang juga Wakil Ketua IAKMI Aceh Besar itu.

Dalam pembagian masker ini, turut hadir sejumlah pengurus IAKMI Aceh Besar, unsur Dinas Kesehatan Aceh Besar dan relawan yang membagi-bagikan masker kepada pengguna jalan.

Terlihat, saat warga yang melintas di kawasan pasar Lambaro tanpa masker, para anggota IAKMI langsung menghampiri dan memberikan masker. Demikian juga warga yang hanya mengunakan masker medis sekali pakai, juga diberikan masker kain agar tahan lama.

Anita menambahkan, IAKMI kedepan akan terus berpartisipasi dalam penanganan Covid-19 di Aceh Besar. Sehingga Aceh Besar bisa terbebas dari wabah virus mematikan itu. (red)