Pemkab Aceh Besar Salurkan Sembako Bagi Warga Terdampak Covid-19

Bupati Aceh Besar menyerahkan paket sembako secara simbolis, di depan Posko BPBD setempat Kamis, (23/4/2020)

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menyalurkan bantuan sebanyak 25.000 paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di daerah itu. Bantuan Sembako dimaksud diluncurkan langsung Bupati Aceh Besar, Ir. H Mawardi Ali di depan Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Kamis (23/4/2020) pagi.

Hadir dalam kegiatan teraebut, Dandim 0101/BS Kolonel Inf Hasandi Lubis, SIP, Sekdakab Drs. H Iskandar, MSi, unsur TNI-Polri, mewakili Kajari Aceh Besar, para kepala OPD, para Camat. Dalam apel pagi itu, hadir sebagai peserta dari relawan PMI Aceh Besar, Tagana, dan lainnya.

Dalam arahannya saat apel peluncuran sembako, Bupati Aceh Besar, Ir. H Mawardi Ali mengatakan wabah virus Corona ini telah berdampak pada seluruh aspek kehidupan masyarakat, termasuk di Aceh Besar.

Covid-19, katanya, berdampak pada tiga hal yaitu kesehatan, sosial dan ekonomi. Dampak kesehatan, bahwa penyebaran virus itu sendiri menuntut kita semua untuk melakukan pencegahan seperti penyemprotan disinfektan, pembagian masker, sosialisasi tentang kehidupan sehat serta kegiatan lainnya termasuk menjaga kebersihan.

“Kemudian, membangun rumah singgah bagi ODP, melengkapi Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis, dan lainnya. Ini semua kita lakukan dalam rangka pencegahan dari sisi kesehatan itu sendiri,” kata Bupati.

Selanjutnya, dampak sosial yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. “Oleh karena itu, kita bukan hanya peduli pada kesehatan tapi sosial ini sangat penting,” kata Mawardi Ali.

Pemkab Aceh Besar, katanya, untuk pengamanan sosial dibagikan sebanyak 25 ribu paket warga terdampak Covid-19. “Bukan diberikan kepada orang terpapar, tetapi kepada orang yang terdampak daripada wabah ini,” ujarnya.

Dikatakannya, penerima paket sembako dimakaud telah terdata dan bukan dari warga penerima bantuan dari pemerintah pusat seperti bantuan langsung tunai. “Kita harapkan pemberian sembako ini tepat sasaran. Diberikan agar bahan pokok kita di Aceh Besar benar-benar terkendali,” jelasnya.

Selain itu, dampak yang timbul akibat Covid-19, yakni menyangkut masalah ekonomi. Bupati mengatakan Pemkab Aceh Besar bersama Kodim 0101/BS berupaya mengantisipasi dampak Covid-19 terhadap ketahanan pangan, dengan memberikan bantuan pengolahan sawah warga dengan pembajakan gratis. Selanjutnya disalurkan juga bibit padi secara gratis.

“Kita turun ke sawah untuk tanam pagi Gadu tahun ini. Mulai membajak sawah kemudian bibitnya gratis kepada masyarakat. Ini semua kita lakukan untuk mengamankan ketersediaan pangan di Aceh Besar. Karena kita tidak tahu sampai kapan pandemi ini akan berlangsung,” ujarnya.

Ajak Warga Berbagi Rezeki
Disisi lain, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mengajak warga yang memiliki kelebihan rezeki untuk berbagi terhadap sesama dan bersedekah.

“Berapapun banyak bantuan pemerintah yang diberikan kepada masyarakat, tentu tidak cukup dalam menghadapi wabah ini. Oleh karena itu saya mengimbau kepada kita semua, apabila kita memiliki kelebihan harta, mari kita lihat saudara-saudara kita, tetangga kita, apalagi di bulan Ramadhan ini.
Mari bersedekah,” ajak Bupati.

Menurut Bupati Aceh Besar, dimasa sulit seperti wabah virus Corona saat ini, sangat dibutuhkan kekompakan dan kebersamaan. “Dengan kekompakan dan kebersamaan ini pula bisa kita hadapi virus Corona ini,” pungkasnya. (red)