Selama Ramadan Jam Kerja PNS Dikurangi

Kabag Kominfo, Persandian dan Protokoler Setdakab Abdya Mawardi, SH

BLANGPIDIE-Jam kerja pegawai negeri sipil (PNS) dalam Provinsi Aceh termasuk Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendapat pengurangan. Hal itu tertuang dalam surat nomor 061.2/438/2020 yang ditandatangani Sekda Abdya, Drs Tharim dan meneruskan surat edaran Gubernur Aceh nomor 061.2/5767/2020 tentang penetapan jam kerja selama bulan Ramadan 1441 hijriah.

Kabag Kominfo, Persandian dan Protokoler Setdakab Abdya Mawardi, SH, Kamis (23/4/2020) mengatakan berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan tanggal 6 April 2020 lalu, jam kerja untuk hari Senin hingga Kamis dimulai pukul 08.30 WIB-15.00 WIB, dengan waktu istirahat/salat pukul 12.30 WIB-13.00 WIB. Sedangkan untuk hari Jumat dimulai pukul 08.30-16.00 WIB dan waktu istirahat/salat pukul 12.00-13.30 WIB.

Ditambahkan, selain itu mengharuskan PNS menggunakan seragam dengan ketentuan yang ditetapkan berdasarkan surat edaran Gubernur Aceh. Ketentuannya, Senin sampai Selasa memakai PDH warna khaki, hari Rabu memakai PDH kemeja putih dipadukan celana atau rok warna hitam atau gelap. Hari Kamis memakai PDH batik motif Aceh, sementara hari Jumat memakai pakaian mulim atau muslimah.

Pengurangan jam kerja tersebut dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan ibadah puasa Ramadan. Hal tersebut tiap tahun dilakukan kepada PNS yang melaksanakan Ibadah Ramadan. Pelayanan pemerintahan kepada masyarakat akan berjalan baik dikarenakan sudah ada target yang harus dipenuhi oleh para abdi negara. Apalagi, kinerja para PNS pun akan masuk dalam penilaian sistem yang sudah ada.

“Pengurangan jam kerja tentu akan direspon secara baik sesuai target kinerja yang telah ditetapkan. Untuk pelayanan umum kepada masyarakat agar dapat menyesuaikan. Sehingga perubahan jam kerja selama bulan Ramadan tidak mengganggu pelayanan umum kepada masyarakat,” pungkasnya.(ag)