Aceh Besar Tak Berlakukan PSBB

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, Muhajir SSTP MPA

KOTA JANTHO – Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menyatakan tidak memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal itu ditegaskan Bupati Aceh Besar Ir. H Mawardi Ali melalui Kabag Humas dan Protokol Setdakab Muhajir SSTP MPA, Senin (27/4/2020).

Pernyataan itu sebagai bantahan atas gencarnya isu yang beredar bahwa pihak Pemkab Aceh Besar akan memberlakukan PSBB dengan menutup segala akses jalur keluar dan masuk kabupaten tersebut. “Tak ada rencana untuk pemberlakuan PSBB tersebut di Aceh Besar,” tegas Muhajir.

Isu adanya PSBB ramai beredar di media sosial sejak Senin (27/4/2020) yang menyatakan bahwa kabupaten Aceh Besar dan Kota Banda Aceh akan memberlakukan PSBB sejak Selasa (28/4/2020).

Menanggapi hal itu, Muhajir mengharapkan kepada masyarakat dan semua pihak untuk tidak percaya terhadap beredarnya isu yang tidak bertanggung jawab tersebut.

“Apalagi, untuk pemberlakuan PSBB di sebuah daerah, harus melalui prosedur yang panjang dan mesti mendapat persetuan Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia,” ujarnya.

Untuk itu, Pemkab Aceh Besar meminta semua masyarakat untuk dapat beraktivitas seperti sediakala, memakai masker, tetap menjaga protokol kesehatan seperti physical distancing atau menjaga jarak fisik.

Selain itu, masyarakat juga perlu mematuhi social distancing atau menjaga jarak sosial dengan tidak berkumpul beramai-ramai, serta tetap berada di rumah untuk menghindari Covid-19.

“Jangan percaya pada info yang tak benar tersebut. Sebab, Aceh Besar tak memberlakukan PSBB,” tambahnya.

Seperti diketahui, sejak masuknya virus Corona (Covid-19) di Indonesia bulan Februari 2020 lalu, pemerintah terus berupaya mengantisipasi termasuk di kabupaten Aceh Besar.

Pemkab Aceh Besar bersama tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 yang telah dibentuk, gencar melakukan antisipasi seperti penyemprotan disinfektan di tempat umum, membagi puluhan ribu masker kepada masyarakat, hingga membagikan sembako kepada masyarakat. (red)