Hasil Rapid Tes Keluarga Pasien Covid Abdya Negatif

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati, SST M.Kes

BLANGPIDIE – Hasil rapid tes yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terhadap keluarga As (42) pasien positif Covid-19 negatif. Selain keluarga yang kontak langsung dengan As, sejumlah tetangga dan saudara yang pernah kontak dan bersilaturahmi dengan As, pasca pulang usai menjalani perawatan di RSUZA, juga dilakukan rapid tes, dengan menurunkan 2 orang tim medis dari Dinas Kesehatan Abdya. Hasilnya, baik suami, ibu, adik kandung, serta 3 orang anak kandung As (pasien positif corona), dinyatakan negatif.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati, SST M.Kes Senin (27/4) mengatakan, dari rapid tes yang dilakukan pihaknya, semua kerabat dan keluarga yang sempat kontak langsung dengan pasien Covid-19 dinyatakan negatif. Rapid tes juga dilakukan terhadap saudara pasien yang berasal dari Aceh Selatan. Dimana, mereka pernah menjenguk As pasca pulang dari RSUZA beberapa waktu lalu. Jumlah tetangga dan saudara yang melakukan rapid tes sebanyak 4 orang. Hasilnya, keempat tetangga dan saudaranya juga dinyatakan negatif.

Pihaknya mengaku senang dengan hasil rapid tes terhadap keluarga dan tetangga pasien, sehingga tidak menimbulkan kepanikan yang berlebihan bagi warga sekitar dan Abdya secara keseluruhan. Meskipun demikian, pihaknya tetap terus mengajak warga sekitar dan yang lain selalu waspada dan patuhi protokoler kesehatan.

“Intinya tetap jaga kesehatan, jaga kebersihan dan patuhi himbauan pemerintah, sehingga tetap terhindar dari wabah Covid-19,” imbuhnya.

Data yang diterima wartawan, tercatat sekitar 1.094 Abdya yang pulang kampung dari berbagai daerah. Dari jumlah tersebut, 868 orang diantaranya selesai menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari dihitung sejak tiba di kampung halaman dan kondisi kesehatannya secara umum sehat. Sedangkan 226 orang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. (ag)