Minta Pulangkan Mahasiswa dan Warga Aceh di Malaysia, Sekretaris Komisi V DPRA Surati Plt. Gubernur

Iskandar Usman Al-Farlaky

BANDA ACEH – Sekretaris Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Iskandar Usman Al-Farlaky, menyurati Pemerintah Aceh terkait pemulangan ribuan warga Aceh dan mahasiswa dari Negara Malaysia.

Politisi Partai Aceh itu sudah mengirim surat secara resmi kepada Pemerintah Aceh, pada Senin 27 April 2020. Dalam surat yang ditujukan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir H Nova Iriansyah MT itu, Iskandar Usman menjelaskan, masyarakat Aceh yang saat ini terjebak di Malaysia, mulai kehilangan pekerjaan sejak Pemerintah Malaysia menerapkan lockdown beberapa waktu lalu.

Berikut isi lengkap surat yang ditujukan kepada Plt. Gubernur Aceh, yang ditandatangi Sekretaris Komisi V DPRA, Iskandar Usman Al-Farlaky:

  1. Sehubungan dengan kondisi warga dan mahasiswa (i) Aceh yang merantau dan menuntut ilmu k Negeri Jiran Malaysia ditengah pemberlakuan penutupan wilayah atau lockdown hingga 12 Mei 2020 karena masih merebaknya pandemi Covid-19, telah mengakibatkan kehilangan pekerjaan atau telah dirumahkan, sehingga tidak memiliki penghasilan sama sekali. Hal ini menuntut setiap warga Aceh serta mahasiswa (i)Aceh yang belajar di Perguruan Tinggi IIUM, UKM dan UM sangat mengharapan dapat dipulangkan.
  2. Berkenaan dengan hal tersebut diatas, kami selaku anggota DPR Aceh yang membidangi kesehatan dan tenaga kerja, sangat mengharapkan kepada Saudara Plt. Gubernur Aceh untuk dapat memulangkan warga dan mahasiswa (i) Aceh di Malaysia yang nasibnya terkatung-katung dan bahkan ada yang sudah kelaparan. Pemerintah Aceh segera mencari solusi alternatif agar mereka tidak pulang lewat jalur ilegal yang justru tidak terkontrol dan tidak dapat dikarantina.
  3. Oleh karena itu, berkaitan dengan wewenang, maka Pemerintah Aceh perlu melakukan konsultasi atau meinta izin agar dapat memulangkan warga Aceh dan mahasiswa (i) Aceh di Luar Negeri tersebut dengan dana APBA.
  4. Demikian surat ini kami sampaikan atas bantuan dan tindalanjutnya kami ucapkan terima kasih. (*)