Warga Bakar Mobil Pengangkut TBS

Polisi memasang garis polisi pada mobil yang dibakar di Ranto Peureulak, Aceh Timur.

IDI RAYEUK –  Seorang warga berinisial ML (16), warga Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur membakar satu unit mobil barang mengangkut tandan buah segar (TBS)  sawit, Merk Dana Jenis Colt Tronton Warna Merah Nomor Polisi BK 9242 CJ yang mengangkut buah kelapa sawit milik Koperasi Prima Jasa (KPJ).

Peristiwa itu terjadi Selasa (5/5/2020) sekitar pukul 23.00 WIB bertempat di jalan lintas Ranto Peureulak – Peunaron atau tepatnya di Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.

Mobil itu dikemudikan oleh Andika bin M. Yusuf (26), warga Desa Arongan Lise, Kecamatan Baktiya, Kabupaten Aceh Utara.  Pada saat itu baru saja keluar dari Gudang sawit KPJ di Peunaron dan menuju ke PKS Bayeun.

“Bermula pelaku (ML) dengan cara terlebih dahulu menyetop mobil yang sedang melaju tersebut, yang selanjutnya sopir turun dari mobil dan seketika pelaku langsung berjalan ke arah pintu masuk sopir sambil membawa sebuah jerigen yang berisi minyak bensin, ” ujar Kapolsek Ranto Peureulak Ipda Wisnu Bramantyo, Rabu (6/5/2020).

Kapolsek menambahkan, melihat hal itu Andika langsung menghentikan kenderaannya dan turun dari mobil. Disaat sopir turun, Pelaku langsung berjalan ke arah pintu mobil sambil menyiramkan bensin yang berada dijerigen ke bangku mobil. Dengan melihat itu membuat Andika takut, terpaksa ianya berdiri dipinggir jalan.

“Kemudian Arian kawan dari Andika yang sama-sama saat itu juga mengemudiakan mobil pengangkut sawit dan dibelakang Andika turun dan menemui Pelaku sambil memohon agar jangan dibakar mobil tersebut, karena Pelaku kesal kepada perusahaan itu yang tidak diberikan pekerjaan kepadapelaku, maka ia melampiaskan kekesalannya dengan membakar mobil milik perusahaan tersebut,” katanya.

Usai melakukan aksinya pelaku berjalan ke arah sepeda motornya dan mengendarainya sambil mengatakan “kau bilang sama orang-orang kalau yang bakar adalah dirinya, sambil meninggalkan sopir menuju ke arah Ranto Peureulak.

Warga yang mengetahui kejadian tersebut melaporkan ke Polsek Ranto Peurelak yang selanjutnya menghubungi Pemadam Kebakaran untuk memadamkan api.

Sedangkan pelaku saat ini sedang dalam penyelidikan pihak Polsek Ranto Peureulak. (sri)