Korban Selamat: Mereka Dihantam Ombak di Tanggul


Foto: analisisnews.com/agus
TINJAU LOKASI: Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT (baju putih) didampingi Kepala BPBK Abdya, Amiruddin dan unsur terkait lainnya saat meninjau ke lokasi hilangnya dua warga Iku Lhueng pasca dihantam ombak sepulang memancing, Jumat (8/5/2020).

BLANGPIDIE-Dastur (23) warga Kuta Makmu Kecamatan Jeumpa Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang selamat dari hantaman ombak di kawasan tanggul pemecah ombak kolam labuh pelabuhan pendaratan ikan (PPI) Ujung Serangga Kecamatan Susoh Jumat (8/5/2020) menceritakan bagaimana kronologis teman-temannya dihantam ombak.

Kepada wartawan dia bercerita, kejadian tersebut bermula sekitar pukul 20.00 WIB, tepatnya saat mereka akan pulang seusai dari memancing di kawasan tanggul pemecah ombak kolam labuh PPI Ujung Serangga. Saat itu ombak terlalu besar tidak seperti biasanya. Dia lebih dulu berjalan dari tiga rekannya yakni Ariu (30), Rahmad Reza (24) dan Riswan (27) yang ketiganya merupakan warga Desa Iku Lhueng Kecamatan Jeumpa. Namun, ketiga temannya tersebut harus kembali ke lokasi mereka memancing, yakni di posisi tanggul bagian ujung lantaran ketingalan tas.

“Saya hanya menunggu dan melihat dari kejauhan, sebab saya telah lebih dulu berjalan sekitar 50 meter ke depan. Mereka bertiga ketinggalan tas, lalu balik lagi kearah tanggul bagian ujung untuk mengambil tas tersebut,” katanya.

Tidak berselang lama, ketiga temannya dihantam ombak besar dan seketikan itu terpental ke dalam laut. Melihat kondisi itu, dia langsung berlari guna menyelematkan ketiga temannya. Sesampai di lokasi dia langsung menaiki kapal tangkap ikan milik nelayan yang tertambat di kawasan tersebut.

“Saya mengambil sebuah tutup fiber tempat ikan dan melemparkan ke arah mereka. Tutup fiber itu hanya diraih oleh satu teman saya yakni Ariu dan berhasil saya selamatkan, sedangkan dua teman lainnya tidak terlihat, ” tuturnya.

Waktu itu, kondisinya sangat lemah dan harus menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Peukan (RSUDTP). Pasca berhasil menyelamatkan Ariu, dia kemudian mencari pertolongan ke salah satu warung yang berada dalam kompleks PPI Ujung Serangga. Tidak berapa lama, para warga, Tim SAR dan unsur terkait lainnya terus berdatangan guna melakukan pencarian Rahmad Reza (24) dan Riswan (27). Dia berharap, kedua temannya itu dapat ditemukan.

Seperti diketahui, dua warga Desa Iku Lhueng, Kecamatan Jeumpa, Abdya yakni Rahmad Reza (24) dan Riswan (27) dikabarkan hilang pasca terseret arus ombak besar di kawasan kolam labuh PPI Ujung Serangga Kecamatan Susoh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin Jumat (8/5/2020) mengatakan, aktivitas memancing tidak hanya dilakukan oleh dua korban yang hilang yakni Rahmad Reza (24) dan Riswan (27). Namun mereka memiliki dua rekan lainnya yakni Dastur (23) warga Kuta Makmu dan Ariu (30) warga Iku Lhueng. Beruntung dua rekan korban berasil selamat setelah berupaya untuk bertahan.(ag)