Terseret Ombak, Dua Warga Abdya Hilang Saat Memancing


Foto: analisisnews.com/agus
PENCARIAN KORBAN: BPBK Abdya dibantu Tim SAR, TAGANA dibantu TNI/Polisi melakukan pencarian terhadap dua warga Abdya yang diduga hilang terseret arus di kawasan PPI Ujung Serangga, Susoh, Jumat (8/5/2020) pagi. 

BLANGPIDIE-Dua warga Desa Iku Lhueng, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yakni Rahmad Reza (24) dan Riswan (27), Kamis (7/5/2020) sekitar pukul 20.15 WIB dikabarkan hilang pasca terseret arus ombak besar saat memancing ikan di kawasan kolam labuh pelabuhan pendaratan ikan (PPI) Ujung Serangga Kecamatan Susoh.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin Jumat (8/5/2020) mengatakan, aktivitas memancing tidak hanya dilakukan oleh dua korban yang hilang yakni Rahmad Reza (24) dan Riswan (27). Namun mereka memiliki dua rekan lainnya yakni Dastur (23) warga Kuta Makmu dan Ariu (30) warga Iku Lhueng. Beruntung dua rekan korban berasil selamat setelah berupaya bertahan disekitar bongkahan tanggul batu gajah tersebut.

“Rahmad Reza dan Riswan diketahui tidak bisa menyelamatkan diri lantaran dihempas ombak besar pada saat tengah memancing dari atas tanggul pemecah ombak. Sedangkan dua rekannya yang lain berhasil selamat,” ujarnya.

Saat kejadian, kondisi ombak lumayan besar, kemungkinan keduanya tidak bisa menyelamatkan diri dan terseret arus. Sedangkan dua rekannya lagi berhasil selamat dan langsung dibawa oleh warga ke Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Peukan (RSUDTP) Abdya untuk mendapatkan perawatan. Pasca hilangnya dua warga tersebut, pihaknya dibantu Tim SAR, TAGANA, TNI/Polisi serta masyarakat terus berupaya melakukan pencarian terhadap dua warga dimaksud.

Meski tim pencarian telah menyebar dan menyisir kawasan hilangnya korban, sejauh ini belum ada tanda-tanda keberadaan kedua korban yang diduga hanyut terseret ombak besar tersebut. Upaya pencarian terus dilakukan dengan menyisir kawasan tempat korban memancing. Bahkan pihaknya juga sudah menurunkan tim penyelam untuk memastikan kebedaraan korban.

Lebih lanjut dikatakan, proses pencarian agak sedikit terganggu lantaran kondisi cuaca serta ombak yang sangat besar di lokasi kolam labuh tersebut. Meski demikian, pihaknya bersama tim terus berupaya untuk menemukan korban. Pihaknya juga belum mendapatkan laporan secara rinci bagaimana kronologis kejadian tersebut. Sebab, dua rekan korban yang lainnya masih menjalani perawatan di RSUDTP Abdya. Dimana, ada satu rekannya yang terluka akibat terkena benturan tanggul pemecah ombak.

“Setelah mendapatkan kabar hilangnya kedua warga ini, kami terus melakukan pencarian hingga pukul 00.00 WIB. Setelah istirahat sebentar, usai sahur upaya pencarian kembali kami lanjutkan hingga saat ini. Jika korban yang selamat sudah membaik, bagaimana kronologis kejadian itu akan kami tanyakan. Saat ini proses pencarian terus dilakukan, semoga segera ditemukan,” imbuhnya.(ag)