Satu Jasad Korban Terseret Ombak Ditemukan


Foto: analisisnews.com/agus
EVAKUASI: BPBK Abdya dan tim gabungan melakukan evakuasi jasad korban terseret ombak beberapa waktu lalu di PPI Ujung Serangga, Susoh, Sabtu (9/5/2020)

BLANGPIDIE-Satu dari dua korban yang terseret ombak saat pulang memancing di kawasan tanggul pemecah ombak kolam labuh pelabuhan pendaratan ikan (PPI) Ujung Serangga Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin Sabtu (9/5/2020) mengatakan, jasad korban yang ditemukan itu diketahui bernama Ridwan (27) warga Iku Lhueng Kecamatan Jeumpa. Korban ditemukan sekitar dua mil dari bibir pantai pada Sabtu (9/5) pagi sekira pukul 08.00 WIB. Keberadaan jasad korban diketahui dari informasi yang disampaikan nelayan kepada pihaknya. Nelayan dimaksud sempat melihat jasad korban di kawasan Pulau Gosong.

“Nelayan itu langsung menghubungi BPBK Abdya terkait keberadaan korban untuk segera dilakukan evakuasi,” ujarnya.

Pascamendapatkan informasi dari nelayan itu, petugas gabungan langsung bergerak ke lokasi. Korban ditemukan dua mil dari bibir pantai dengan posisi terlentang dan luka di bagian kepala yang diduga akibat benturan pada batu tanggul. Setelah memastikan keberadaan jasad, korban langsung dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit untuk selanjutnya diantar ke rumah duka dengan menggunakan mobil rescue SAR Abdya.

Lebih lanjut dikatakan, pencarian satu korban lainnya atas nama Rahmad Reza (24) yang belum ditemukan terus dilakukan dengan melibatkan tim SAR gabungan dari SAR BPBK Abdya, Basarnas Meulaboh dan Polrairud serta masyarakat. Pencarian sesuai SOP bencana akan terus dilakukan selama 7 hari. Jika belum ditemukan dalam waktu tersebut, pihaknya akan menambah waktu pencarian korban.

“Proses pencarian terus dioptimalkan, semoga saja segera ditemukan,” pungkasnya.(ag)