DPRA Dukung Program Gampong Bersinar dari BNNP

suasana silaturrahmi BNNP ke DPRA. foto: istimewa

BANDA ACEH – Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin menyambut kunjungan dan silaturrahmi kepala BNNP Aceh, Brigjend Pol. Drs. Heru Pranoto, M.Si di ruang kerja ketua DPRA, Senin (11/5/2020). Dalam pertemuan ini, DPRA mendukung program Gampong (desa) Bersih Dari Narkoba (Desa Bersinar) yang akan diterapkan di Aceh.

Dalam kunjungan ini, Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Drs Heru Pranoto MSi didampingi Kepala BNN Kota Banda Aceh Hasnanda Putra dan pejabat BNNP lainnya. Pertemuan Ikut mendampingi unsur pimpinan Wakil Ketua DPRA Safaruddin SSos MSP.

Kunjungan silaturahmi ini sekaligus penyampaian program P4GN dan rencana pembentukan Gampong Bersinar atau bersih narkoba di seluruh Aceh. “BNN merencanakan seluruh Gampong di Aceh yang berjumlah 6.497 dapat dibentuk Gampong Bersinar,” kata Heru Pranoto.

Jenderal Polisi bintang satu ini juga mengungkapkan kondisi darurat narkoba di Indonesia dan hasil survey prevalensi penyalahgunaan narkoba di Aceh. “Angka prevalensi Aceh 2,80 % dengan estimasi pemakai mencapai 82.415,” ungkap Heru.

Kepala BNNP Aceh kemudian mengharapkan dukungan DPRA dalam penegakan hukum penyalahgunaan narkoba dan penanganan korban untuk di rehabilitasi.

Sementara Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin menyambut baik kedatangan Kepala BNNP Aceh bserta Kepala BNNK Banda Aceh dan rombongan, serta menyampaikan dukungan penuh bagi BNN untuk pelaksanaan kegiatan pencegahan, penindakan dan rehabilitasi di Aceh.

“DPRA menyambut baik kerja BNN di Aceh dan siap memberikan dukungan penuh, kami akan mendorong Pemerintah Aceh terus bersama BNN untuk menciptakan seluruh Gampong Bersinar atau bersih narkoba,” kata Dahlan.

Hal sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRA
Safaruddin yang menyebut pihaknya memiliki kepentingan yang sama dengan BNN untuk menjadikan Aceh bersih narkoba. “Kita akui banyak tantangan, kondisi kita di Aceh banyak pintu masuk, DPRA mendukung penuh kerja BNN dan siap bersinergi,” kata Safaruddin.

Kepala BNN Kota Banda Aceh Hasnanda Putra menyebutkan suasana pertemuan berlangsung akrab dan pihak DPRA sangat mendukung kegiatan BNN. “Pimpinan DPRA orang-orang muda energik dan pandangan jauh kedepan, beliau paham betul bahwa narkoba itu akan merusak cita-cita masa depan bangsa dan harus dicegah sedini mungkin serta ini bukan kerja BNN semata namun seluruh stakeholder termasuk DPRA di dalamnya,” pungkas Hasnanda. (red)