Gadis Abdya Jadi Relawan Covid-19 di Jakarta


Foto: analisisnews.com/agus
RELAWAN: Husna Wati (29) tenaga medis asal Abdya yang menjadi relawan Covid-19 di RSD Wisma Atlet, Jakarta mewakili Sumatera Utara, Selasa (12/5/2020)

BLANGPIDIE-Husna Wati (29) tenaga medis di Medan, Sumatera Utara (Sumut) asal Desa Tengah, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) harus rela menunda rencana pulang kampungnya. Dia terpilih menjadi relawan dalam menangani pasien Covid-19 di Rumah Sakit Dadakan (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Husna Wati diberangkatkan ke Jakarta bukanlah utusan dari tanah kelahirannya Abdya Provinsi Aceh, namun dia justru mewakili Sumut. Dimana, hampir dua tahun terakhir dia bekerja di Rumah Sakit Umum Royal Prima Hospital, Medan setelah lulus pendidikan S1 Keperawatan Sari Mutiara di wilayah setempat. Diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara (AU), anak kedua dari empat bersaudara itu, tiba di Jakarta pada Selasa (5/5/2020) lalu setelah terbang dari Pangkalan Udara Soewondo Polonia, Medan bersama dengan 37 relawan tenaga medis lainnya yang juga mewakili Sumut.

“Saya satu-satunya putri kelahiran Aceh yang berasal dari Abdya berangkat menjadi relawan Covid-19 setelah direkrut oleh Tim Koordinasi Relawan Gugus Tugas dibantu Kementerian Kesehatan (Kemnekes) RI di Jakarta. Meski mewakili Sumut, tapi dalam diri saya tetap bangga menjadi putri Aceh,” paparnya kepada wartawan melalui pesan WhatsApp, Selasa (12/5/2020).

Dia dan 61 tenaga medis lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia telah berada di Wisma Atlet dan sedang dalam masa karantina selama 14 hari. Kemudian, dalam 28 hari kedepan mereka akan bertugas menangani pasien Covid-19 di rumah sakit tersebut. Bisa saja masa tugasnya akan diperpanjang, hal itu tergantung kondisi di lapangan.

“Jika tidak menjadi relawan covid, pasti saya sudah berada di kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga di Desa Tengah, Manggeng. Namun niat pulang kampung itu terpaksa harus ditunda dulu, karena saya harus menjadi relawan demi tugas dan bakti untuk negara,” tuturnya. 

Sebagai tenaga medis, dia juga berharap pandemi virus corona segara berakhir di tanah air  termasuk di seluruh penjuru dunia yang juga terpapar virus menular tersebut. Jika virus itu berakhir, maka semua akan menjadi normal seperti dulu lagi.

“Doakan kami agar diberi kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan tugas sebagai relawan covid di Jakarta. Selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat menyambut hari raya Idul Fitri 1441 hijriah, untuk semua saudaraku yang berada di Aceh khsusnya Abdya. (ag)