Kerap Dihantam Ombak Pasang Jetty Kuta Meurandeh Rusak Parah


Foto: analisisnews.com/agus
RUSAK: Kondisi jetty di muara Alue Dama kawasan Kuta Meurandeh, Kecamatan Setia Abdya rusak parah yang mengakibatkan mulut muara tertutup pasir, Selasa (12/5/2020).

BLANGPIDIE-Jetty (tanggul pengaman mulut muara) di pesisir Desa Alue Dama kawasan Kuta Meurandeh, Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) rusak parah akibat kerap dihantam ombak pasang. Rusaknya jetty membuat mulut muara menjadi tersumbat dan aliran air menjadi tersendat. 

Rinal salah seorang warga Selasa (12/5/2020) mengatakan, jetty yang terbuat dari susunan batu gajah itu rusak berserakan akibat dihantam ombak pasang. Bahkan ada beberapa batu gajah yang lepas dari ikatan dan tertimbun pasir. Material pasir yang terbawa ombak pasang itu mengakibatkan mulut muara tertutup dan perahu milik nelayan setempat tidak bisa lagi keluar masuk muara. Pasca selesai dibangun, jetty itu hanya berfungsi sebantar, setelah itu mulai rusak. 

“Sebagian bangunan jetty ada yang sudah tertimbun pasir yang terbawa saat ombak pasang. Kondisinya sangat memperihatinkan dan tidak mampu mengamankan mulut muara,” tuturnya yang kebetulan melintas di kawasan tersebut.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Abdya, Sabri SE, yang dimintai tanggapannya terkait jetty itu mengaku tidak mengetahui terkait keberadaan tanggul itu. Dia menyebutkan tidak ada proyek bangunan jetty dari batu gajah di lokasi muara Alue Dama, Kecamatan Setia yang dikerjakan dibawah kendali bidang pengairan PUPR Abdya.

“Tidak ada paket pengerjaan jetty di kawasan itu pada bidang pengairan, mungkin pada instansi lain, coba dikonfirmasi,” paparnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Abdya, Asnir Agus secara terpisah, juga mengaku paket itu bukan berada dibawah instansinya. Bahkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Amiruddin, yang dikonfirmasi wartawan juga mengaku tidak mengetahui terkait pengerjaan jetty di muara Alue Dama itu.(ag)