Ribuan Warga Abdya Terima BST Kemensos RI


Foto: analisisnews.com/agus
PENYERAHAN BST: Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT didampingi Kepala Dinas Sosial Abdya, Ikhwansyah menyerahkan BST kepada KPM secara simbolis di kantor Pos Blangpidie, Selasa (12/5/2020) kemarin.

BLANGPIDIE-Sebanyak 8.073 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai menerima bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Proses penyaluran bantuan dimaksud melalui kantor Pos yang berada dalam kabupaten setempat.

Kepala Dinas Sosial Abdya, Ikhwansyah Rabu (13/5/2020) merincikan, penyaluran BST untuk 8.073 KPM itu dilakukan dengan metode pembagian wilayah. Untuk 4.093 KPM diarahkan mengambil bantuan dimaksud pada kantor Pos Blangpidie, 1.646 KPM mengambil BST di kantor Pos Manggeng dan sebanyak 2.334 KPM mengambil BST di kantor Pos Kuala Batee.

BST tersebut merupakan salah satu jaring pengaman sosial yang disiapkan oleh pemerintah untuk meminimalisir dan dalam rangka percepatan penanganan dampak pandemi virus Corona (Covid-19), sebesar Rp 600.000 per kepala keluarga (KK), selama tiga bulan ke depan.  BST tersebut diberikan kepada KPM dengan sasaran KK yang tercatum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang belum menerima program bantuan dari pemerintah serta proses penyalurannya dilakukan secara tunai melalui mitra kerja bank dan kantor Pos.

“Banyak warga yang terdampak akibat Covid-19, ada yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan pun berkurang. Sehingga BST itu merupakan salah satu jaring pengaman sosial yang disiapkan oleh pemerintah untuk meminimalisir dampak dari pandemi virus Corona (Covid-19),” ujarnya.

Ditambahkan, penerima bantuan dimaksud, di luar bantuan reguler yang sudah diberikan pemerintah pusat dan bantuan provinsi. Jadi penerima bantuan ini bagi masyararakat yang belum tersentuh oleh bantuan sebelumnya atau yang belum pernah mendapatkan bantuan sembako atau PKH. Kuota BST untuk KPM di Abdya yang diberikan oleh Kementerian Sosial sebanyak 10.746. Namun pasca dilakukan proses verifikasi data KPM melalui pihak desa, jumlah penerima BST menjadi 8.073.

Sebelumnya,  Wakil Bupati Abdya Muslizar MT Selasa (12/5/2020) telah menyerahkan bantuan dimaksud secara simbolis kepada KPM di kantor Pos Blangpidie. Dia mengharapkan, dengan mulai disalurkannya BST bagi ribuan warga Abdya, bisa membantu meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah penyebaran virus corona (Covid-19). Apalagi, saat ini sedang menjalan ibadah puasa, tentu kebutuhan sehari-hari meningkat.

“Bantuan ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” harapnya (ag)