Lima Ruko Semi Permanen di Abdya Terbakar


Foto: analisisnews.com/agus
TERBAKAR: Lima unit ruko semi permanen yang berada tepat di depan hotel Grand Lauser, Desa Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie Kamis sore (14/5/2020) sekira pukul 16.00 WIB terbakar.

BLANGPIDIE-Lima unit ruko semi permanen yang berada tepat didepan hotel Grand Lauser, Desa Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie pada Kamis sore (14/5/2020) sekira pukul 16.00 WIB terbakar. Api dengan cepat menyambar kelima ruko yang berdempetan itu. Untuk memadamkan api, Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) menurunkan lima armada pemadam kebakaran (Damkar) ke lokasi. Dalam waktu setengah jam serta dibantu warga setempat api berhasil dipadamkan.

Kejadian itu membuat warga setempat berhamburan ke luar rumah untuk memberikan bantuan, mulai dari membantu menyiramkan air ke dalam kobaran api hingga evakuasi barang-barang milik korban.

Kepala BPBK Abdya, Amiruddin, mengatakan lima ruko yang terbakar itu masing-masing  dihuni oleh Amin (37) pemilik gudang perabot beralamat di Desa Pasar, Kecamatan Blangpidie yang memiliki tanggungan satu orang. Kemudian Mailinda (50) pemilik laundry warga Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie yang memiliki tanggungan sebanyak 5 orang. Selanjutnya, Agam Cut (37) pemilik warung kopi memiliki tanggungan sebanyak 4 orang. Bangunan yang mereka tempati bertiga saat ini dalam kondisi rusak berat dan rata dengan tanah.

Sementara dua ruko yang dihuni oleh Zaini Bakri (50) pedagang pakaian memiliki tanggungan 2 oranng dalam kondisi rusak ringan namun beberapa pakaian yang dia jual banyak yang terbakar. Begitu juga halnya dengan Ermiyadi (38) pemilik warung kopi di lokasi itu juga dalam kondisi rusak ringan namun beberapa alat dagangannya rusak dilalap api, dan memiliki tanggungan sebanyak 4 orang.

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun para pemilik ruko merasa trauma dengan kejadian itu. Apalagi banyak barang berharga yang mereka miliki, ludes terbakar. (ag)