Seratusan Warga Desa Padang Terima Dana BLT


Foto: analisisnews.com/agus
SERAHKAN BLT: Keuchik Padang Zawin menyerahkan secara simbolis dana BLT kepada masyarakat penerima manfaat di kantor desa setempat, Sabtu (16/5/2020)

BLANGPIDIE-Warga Desa Padang, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sebanyak 107 penerima manfaat menerima bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa tahap satu untuk bulan April 2020.

Keuchik (Kepala Desa) Padang, Zawin Sabtu (17/5/2020) mengatakan, proses pembagian dana bantuan dampak pandemi Corona Virus (Covid-19) itu, berlangsung di kantor desa setempat. Setiap warga penerima manfaat mendapatkan bantuan uang tunai senilai Rp.600.000. Di kesempatan itu dia mengaku senang dengan telah disalurkannya BLT dimaksud. Terlebih dana itu diterima langsung oleh masyarakat secara tunai. Dana itu bisa langsung dibelanjakan untuk keperluan sehari-hari. Bagi masyarakat uang sebesar itu sangat beharga, ditambah lagi sudah mendekati lebaran dan ditengah pandemi Covid-19 yang serba sudah.

“Kami berharap para penerima dapat memanfaatkan dana itu sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

Dalam proses penyalurannya, pihaknya mengundang unsur Muspika Manggeng agar menyaksikan proses pembagian BLT sebagaimana edaran Menteri Desa (Mendes). Sebelum di bagi ke masyarakat, terlebih dahulu pihak desa melakukan musyawarah dengan perangkat desa setempat lainnya.

Sebanyak 107 masyarakat yang menerima BLT itu sudah memenuhi kriteria. Sebab telah melalui proses pendataan secara selektif bahwa mereka bukan PNS, penerima bantuan PKH, bantuan pangan non tunai (BPNT) dan pegawai BUMN. Sejumlah masyarakat yang menerima manfaat BLT itu, juga merupakan sisa usulan penerima bantuan yang sudah duluan menerima bantuan sosial tunai (BST).  Meski tahap satu telah selesai disalurkan, pihaknya belum bisa memastikan kapan BLT tahap dua disalurkan, sebab masih menunggu arahan berikutnya.

“Proses pendataan yang selektif dalam memberikan bantuan ini bertujuan agar penerimanya tidak tumpang tindih,” terangnya.

Sementara itu Camat Manggeng, Hamdani mengatakan, untuk wilayah Kecamatan Manggeng sejauh ini belum ada kendala dalam penyaluran BLT. Hari ini Sabtu (16/5/2020) ada empat desa yang membagikan BLT, yakni Desa Padang, Kedai, Ujung Padang dan Ladang Panah. 

“Besar kemungkinan, hari Selasa mendatang proses penyaluran BLT tahap satu di wilayah Manggeng tuntas dilakukan,” tuturnya.(ag)