70 Anak Yatim Di Aceh Besar Terima Santunan

Bupati Aceh Besar, Ir. H Mawardi Ali menyerahkan santunan kepada anak yatim di markas PMI Aceh Besar, Kamis ( 21/5/2020)

KOTA JANTHO – Sebanyak 70 anak yatim di kemukiman Lamgarut dan Gampong Bada Kecamatan Ingin Jaya kabupaten Aceh Besar menerima santunan uang tunai dan sarung. Santunan ini dari PT. PLN (Persero) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Besar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Penyerahan santunan dimaksud secara simbolis oleh Bupati Aceh Besar Ir. H Mawardi Ali di markas PMI Aceh Besar, Kamis ( 21/5/2020). Turut hadir, Kadinsos Aceh Besar, Jamaluddin, S.Sos, sekretaris PMI Rahmawati, S.Pd, MM, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Besar, Muhajir, SSTP, MPA dan Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Banda Aceh, Eddi Saputra.

Bupati Aceh Besar, Ir. H Mawardi Ali mengatakan meskipun jumlah bantuan tidak banyak, namun dia berharap dapat bermanfaat bagi anak yatim. “Anak yatim kekuatan kita. Dengan doa-doa anak yatim, negeri kita aman,” ujar Bupati.

Bupati berpesan kepada semua pihak untuk menyayangi anak yatim. Anak yatim, katanya, harus diperhatikan dan pihaknya selalu membuka ruang untuk memberi solusi dari semua permasalahan yang dihadapi anak yatim di Aceh Besar.

“Bila ada permasalahan anak yatim, sampaikan kepada kami.
Jadi menyayangi anak yatim ini luar biasa dan bagi ibu-ibu yang menjaga anak yatim, pahalanya luar biasa,” kata Mawardi Ali yang juga ketua PMI Aceh Besar itu.

Bupati Aceh Besar mengatakan, santunan yang diberikan pada kesempatan itu, untuk kemukiman dan Gampong yang berada di sekitar markas PMI Aceh Besar. Meskipun demikian, katanya, bagi anak yatim di Gampong-gampong lainnya di Aceh Besar, memang sudah ada program sosial di daerah itu.

“Jadi hari ini kerjasama kita dengan PLN, kita memberikan bantuan untuk anak yatim di kemukiman Lamgarut dan Gampong Bada (kawasan di sekitar markas PMI Aceh Besar). Kalau Gampong-Gampong lain memang sudah ada program sosial,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga berpesan, untuk tetap memakai masker ketika keluar rumah dan menjaga jarak fisik maupun sosial ditengah Pandemi Virus Corona atau dikenal Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih mewabah.

“Kita berharap dalam Pandemi Covid-19 ini, apalagi menjelang lebaran, kita tetap jaga jarak dan patuhi protokol kesehatan. Semua pakai masker. Kalau keluar rumah pakai masker,” harapnya.

Selain itu, Bupati berpesan agar warga sering-sering berwudhu, sebab berwudhu bermanfaat bagi kesehatan. “Jaga wudhu.
Orang yang jaga wudhu, mukanya bercahaya,” ungkap Mawardi.

Sementara itu, Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Banda Aceh, Eddi Saputra, mengatakan, pihaknya sudah berkomitmen setiap tahun akan selalu meluncurkan program bantuan sosial atau Coorporate Social Responsibility (CSR) dari PLN.

“Kami bersinergi dengan pemerintah. Harapan kami program CSR ini dapat membantu meningkatkan perekonomian,” katanya, seraya mengungkapkan sebelumnya juga telah menyalurkan CSR seperti pengobatan masal, bantuan sepeda gerobak dan lainnya.

Dikatakannya, tahun ini PLN akan banyak lagi program-program CSR ke Aceh Besar. “Untuk itu kami berharap pak Bupati memberikan petunjuk kepada kami kemana bisa kami salurkan CSR untuk wilayah Aceh Besar,” katanya. (b)