Banjir Luapan Rendam Ratusan Rumah Warga Abdya


Foto: analisisnews.com/agus
BANJIR: Sejumlah rumah di Desa Masjid, Kecamatan Tangan-Tangan, Abdya terendam banjir luapan, Jumat (22/5) sore.

BLANGPIDIE-Ratusan unit rumah warga di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (22/5/2020) sekitar pukul 17.00 WIB terendam banjir luapan. Banjir luapan itu bersumber dari sejumlah aliran sungai yang meluap lantaran tingginya curah hujan.

Iwan warga Kecamatan Tangan-Tangan mengatakan, air luapan dengan cepat masuk ke pemukiman warga dan langsung merengsek ke dalam rumah. Air keruh bercampur dengan material banjir itu membuat warga panik, ditambah lagi luapan air terjadi menjelang waktu berbuka serta sehari menyambut hari raya Idul Fitri 1441 hijriah.

“Luapan airnya sangat cepat masuk ke dalam rumah. Airnya sangat pekat disertai lumpur tidak mampu dibendung, banyak warga yang kewalahan dan terpaksa berdiam diri menyaksikan kedalaman air bertambah,” paparnya.

Dia menduga, banjir luapan itu akibat banyaknya tumpukan sampah serta peningkatan sendimen di dasar sungai, sehingga daerah aliran sungai tidak mampu menampung debit air. Sudah semestinya sungai yang ada dalam Kabupaten Abdya dinormalisasi oleh pemerintah, sebab banyak sungai yang sudah dangkal.

Data yang diterima wartawan, beberapa wilayah yang terkena banjir luapan diantaranya Desa Masjid, Drien Jaloe, Pantee Geulumpang dan Padang Kawa, Kecamatan Tangan-Tangan. Kemudian Desa Sejahtera, Tokoh, Blang Manggeng, Desa Tengah, Padang, Kedai dan desa lainnya di Kecamatan Manggeng dan beberapa titik di Kecamatan Blangpidie serta Kecamatan Lembah Sabil.(ag)