Di Bener Meriah Tidak Diizinkan Shalat Id Tanpa Masker

REDELONG – Salah satu desa di Kabupaten Bener Meriah, desa Delung Tue dan Delung Asli masyarakatnya tidak diizinkan shalat Idul Fitri bagi yang tidak menggunakan masker.

Hal tersebut disampaikan oleh Reje Kampung (kepala desa) Delung Tue, Armada, sebelum menunaikan shalat Idul Fitri 1441 H, dengan tujuan untuk menghindari pandemi Covid-19. Ahad (24/5/2020).

“Ini merupakan himbauan dari atasan atau dari Pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa. Untuk itu, harus memakai masker, bagi yang tidak bermasker tidak diizinkan shalat id,” kata Armada.

Himbauan ini tidak hanya pada saat sebelum melaksanakan shalat Idul Fitri saja, melainkan telah disampaikan oleh aparat desa setempat siap shalat Magrib kemarin dan setelah shalat subuh.

Selain itu, Armada juga menyampaikan untuk membatasi dalam berjabat tangan setelah shalat Idul Fitri terkecuali keluarga sendiri.

Pantauan media ini, himbauan tersebut tampak dijalankan oleh masyarakat, meskipun sebagian kecil ada tidak yang menggunakannya.

Amatan media ini, sebelum menunaikan shalat Id, terlebih dahulu masyarakat mengumpulkan derma (sedekah) dari masing-masing shaf shalat.

Untuk khatib dalam shalat Idul Fitri di desa ini, disampaikan oleh Tgk Ahdi, yang juga merupakan putra desa Delung, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah. (Jun)