Baitul Mal Abdya Siapkan Anggaran Bedah Rumah Warga Miskin

Ilustrasi bedah rumah

BLANGPIDIE-Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyiapkan anggaran Rp.1,7 miliar untuk program bedah rumah warga miskin dalam kabupaten setempat.Kepala Baitul Mal Abdya, Wahyudi Satria Spi Rabu (27/5/2020) kepada wartawan menyebutkan, akan ada 68 unit rumah warga miskin yang mendapatkan program bedah rumah dari Baitul Mal Abdya dengan anggaran mencapai Rp.1,7 miliar. Kesiapan untuk pelaksanaan program itu telah maksimal, bahkan penandatanganan kontrak program dimaksud dengan warga penerima manfaat juga telah dilakukan. Direncanakan, program bedah rumah itu akan dimulai pada awal Juni 2020 mendatang.

“Ada 68 unit rumah yang akan dibedah atau direnovasi dengan anggaran Rp.1,7 miliar,” ujarnya.

Dikatakan, untuk setiap warga penerima manfaat akan menerima uang bedah rumah masing-masing sebanyak Rp 25 juta. Uang Rp 25 juta itu, akan digunakan oleh penerima sesuai dengan kebutuhan para penerima.Sistim pengerjaannya swakelola, jadi pihak Baitul Mal Abdya hanya mendampingi dan mengawal penggunaan uang Rp 25 juta itu. Agar benar dan tepat digunakan untuk proses bedah rumah. Sedangkan untuk persoalan teknis, telah ada pihak konsultan yang disiapkan, sehingga pengerjaannya tepat sasaran.

68 unit rumah warga miskin yang mendapatkan program bedah rumah itu tersebar dalam sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat. Bahkan sejauh ini, masih ada rumah warga miskin yang belum tertangani dalam tahun 2020. Karenanya, dia berharap masyarakat tetap bersabar. Jika memang ada warga miskin yang layak dibantu namun belum terdata serta kondisinya sangat memperihatinkan segera diinformasikan ke pihaknya.

“Bisa kirimkan foto kondisi rumah dan alamat rumahnya kepada saya, nantinya akan kami tinjau langsung ke lapangan,” pungkasnya.(ag)