KPO Bank Aceh Syariah Kumpulkan 60 Kantong Darah

PANTAU: Pemimpin PT Bank Aceh Syariah KPO, Fadil Ilyas memantau pelaksanaan donor darah, bekerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh di pelataran parkir Bank Aceh Syariah KPO kawasan Lampriet, Banda Aceh, Selasa (2/6/2020). Foto: Dok Bank Aceh Syariah

BANDA ACEH – Kantor Pusat Operasional (KPO) Bank Aceh Syariah melalui Program Bank Aceh Syariah KPO Peduli Sesama menggelar donor darah, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh. Dari kegiatan ini, terkumpul sebanyak 60 kantong darah.

Donor darah dilaksanakan di pelataran parkir Bank Aceh Syariah KPO kawasan Lampriet, Banda Aceh, Selasa (2/6/2020), dan diikuti oleh nasabah dan karyawan/ti.

Pemimpin PT Bank Aceh Syariah KPO, Fadil Ilyas mengatakan, kepada Pos Aceh, bahwa kegiatan donor darah tersebut dilakukan sebagai respon atas kebutuhan darah.

“Seperti yang diketahui bersama, saat ini stok darah di sejumlah Unit Pelaksana Teknis Daerah PMI terus mengalami penurunan. Kegiatan ini kami harapkan dapat membantu kebutuhan darah pada sejumlah fasilitas kesehatan, khususnya di Banda Aceh,” ujar Fadhil.

Ia menjelaskan, kegiatan donor darah tetap dilakukan dengan berpedoman pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. “Aktivitas donor kita lakukan secara terukur dengan tetap mematuhi protokol pencegahan Covid-19,” ujar Fadhil.

Ditambahkan Fadhil, Bank Aceh Syariah KPO sebagai entitas bisnis milik masyarakat Aceh, akan terus mendukung kegiatan kemanusiaan dan sosial dalam berbagai program kegiatan. “Dalam tahun ini Bank Aceh Syariah KPO telah melakukan sejumlah program di antaranya, program bantuan kepada tim medis dalam Program Bank Aceh Syariah KPO Sajan Tim Medis, dan bantuan sembako dalam Program Bank Aceh Syariah KPO Berbagi,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Hagny, memberikan apresiasi kepada PT Bank Aceh Syariah KPO yang telah berinisiatif mengundang PMI untuk melaksanakan kegiatan kemanusiaan dalam bentuk donor darah.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan atas dukungan yang diberikan oleh Bank Aceh Syariah. Inisiatif ini tentunya sangat dibutuhkan bagi pasien dan keluarga yang sedang dalam perawatan medis, ” ujar Qamaruzzaman.

Dikatakan, kebutuhan rata-rata darah di PMI Kota Banda Aceh berkisar 100-150 kantong. PMI Kota Banda Aceh melayani kebutuhan darah di 27 fasilitas kesehatan yang tersebar di Banda Aceh, Aceh Besar, dan Calang.

Lanjut Qamaruzzaman, kegiatan donor yang dilaksanakan PT Bank Aceh Syariah, sejalan dengan Gerakan Aparatur Sipil Negara (ASN) berdonor yang digagas pemerintah. Diharapkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh Bank Aceh Syariah dapat diikuti oleh lembaga lainnya sehingga kebutuhan darah dapat terpenuhi.

Ia mengatakan saat ini PMI Kota Banda Aceh telah menyediakan call center di nomor 08116815800. “Seluruh pihak yang membutuhkan informasi dan ingin berpartisipasi dalam kegiatan donor dapat menghubungi nomor dimaksud,” ujar Qamaruzzaman. (rel/red)