Desa Ujung Tanah Salurkan BLT Tahap II


Foto: analisisnews.com/agus
BLT: Warga Desa Ujung Tanah, Kecamatan Lembah Sabil, Abdya, menerima BLT DD covid-19 tahap II di kantor desa setempat, Kamis (11/6/2020).

BLANGPIDIE-Desa Ujung Tanah Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (11/6/2020), menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) covid-19 tahap II, yang bersumber dari Dana Desa (DD) anggaran tahun 2020. Untuk BLT covid-19 tahap I, sudah disalurkan pada Jumat (22/5/2020) lalu, jelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah.

Keuchik Ujung Tanah, Fauzan Adami, disela-sela penyaluran BLT mengatakan, jumlah penerima bantuan sosial imbas covid-19 di desa yang dipimpinnya, berjumlah 156 kepala keluarga (KK). Terdiri dari BLT dari Kemensos sebanyak 42 KK, BLT DD 47 KK, penerima Program Keluarga Harapan (PKH) 22 KK dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 45 KK.

“Sejauh ini tidak ada kendala dalam penyaluran, semua berjalan lancar. Penyaluran juga disaksikan Muspika Lembah Sabil,” ujarnya.

Menurutnya, 90 persen warganya merupakan petani dan pekebun. Disamping itu, rata-rata para janda yang ada di desa pesisir paling ujung timur Abdya itu, mencari nafkah dari mengumpulkan batu putih di bibir ombak, kemudian dijual kepada para agen. Dari hasil penjualan batu-batu putih untuk hiasan rumah itu, sejumlah janda bisa menafkahi keluarga, bahkan bisa melanjutkan pendidikan anak-anak mereka. Dengan adanya bantuan covid-19 ini tambahnya, para warga yang dipimpinnya merasa sangat terbantu. Meskipun jauh dari cukup, setidaknya bantuan itu sangat bermanfaat bagi warganya, yang hidup jauh dari layak.

Nuraini, janda 7 anak warga Desa Ujung Tanah, saat mengambil BLT DD di kantor desa mengatakan, dengan adanya bantuan covid-19 ini, pihaknya merasa sangat terbantu. Apalagi, seperti bantuan tahap I dulu disalurkan menjelang hari raya Idul Fitri. Dimana, kebutuhan keluarga menyambut lebaran sangat banyak.

“Tentunya kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan ini, dan kami sangat terbantu,” imbuhnya. (ag)