Dukung Program JKN, Pemkab Abdya dan KPPN Tapak Tuan Akuratkan Data Pembayaran Iuran PNS


Foto: analisisnews.com/agus
PLAKAT: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh, Mahmul Ahyar menyerahkan plakat kepada Sekda Abdya, Drs Thamrin usai kegiatan forum kemitraan iuran rekonsiliasi iuran Jaminan Kesehatan PNS daerah dan Pemerintah Daerah Januari-April 2020 di aula Bappeda Abdya, Kamis (11/6/2020)

BLANGPIDIE-Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tapak Tuan, Aceh Selatan berkomitmen terus mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal itu dibuktikan dengan dilakukannya keakuratan data pembayaran iuran pegawai negeri sipil (PNS) melalui kegiatan forum kemitraan iuran rekonsiliasi iuran Jaminan Kesehatan PNS daerah dan Pemerintah Daerah Januari-April 2020 di aula Bappeda Abdya yang dibuka langsung Sekda, Drs Thamrin, Kamis (11/6/2020).

Sekda Drs Thamrin mengatakan,  iuran PNS sebesar 1 persen dan subsidi dari Pemda 4 persen yang sudah dibayarkan ke kas negara untuk program JKN ini harus dikelola dengan baik agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan seperti salah satunya di RSUD Tengku Peukan yang ada di Kabupaten Abdya.

“Oleh karena itu kita harus meningkatkan akurasi dan validasi data gaji dengan melakukan kegiatan rekonsiliasi iuran Jaminan Kesehatan PNS dan Pemda,” ujarnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh Mahmul Ahyar menyampaikan, bahwa proses rekonsiliasi ini untuk melihat data peserta dan gaji yang dibayarkan oleh Pemda. Dengan dilaksanakan rekonsiliasi iuran PNS daerah, BPJS Kesehatan maupun Pemda bisa melihat, apakah data sudah akurat dan valid kode akun pembayaran, lokasi pembayaran, tanggal pembayaran dan jumlah pembayaran sesuai dengan perpres 75/19 yang dapat dimonitoring pada aplikasi OMSPAN yang sudah di sediakan oleh KPPN. Ditambahkan, sebagai bukti kesepakatan bersama, akan dilakukan penandatanganan berita acara hasil rekonsiliasi antara Pemkab Abdya, KPPN Tapak Tuan, dan BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh.

“Jika ada hal yang belum akurat dan valid maka akan dilakukan koreksi sesuai dengan ketentuan yang ada,” terang Ahyar didampingi Kepala BPJS Kesehatan Abdya Yumiarti.

Sementara itu, Kepala KPPN Tapaktuan Andi Khairuddin mendukung dan mengapresiasi kegiatan rekonsiliasi yang dilaksanakan oleh Pemkab Abdya dan BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh yang dilaksanakan setiap caturwulan. Untuk meningkatkan akurasi data peserta dan gaji agar validitasnya lebih baik, KPPN siap membantu jika ada pembayaran yang belum akurat dan membutuhkan koreksi dapat disampaikan kepada kami.

Diakhir kegiatan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Meulaboh, Ahyar menyerahkan plakat kepada Pemkab Abdya dan KPPN Tapak Tuan sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini untuk keberlangsungan program Jaminan Kesehatan yang salah satunya adalah pembayaran iuran yang tepat waktu dan dukungan data peserta dan iuran.(ag)