Bekas Gedung SMK di Abdya Memperihatinkan


Foto : analisisnews.com/agus
MEMPERIHATINKAN: Kondisi bangunan bekas gedung SMKN 1 Abdya di kawasan Pantai Cemara Indah, Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh, Abdya memperihatinkan, Kamis (18/6/2020)

BLANGPIDIE-Bekas gedung Sekolah Menengah Kejuruan Negeri  (SMKN)  1 Aceh Barat Daya (Abdya), yang berlokasi di kawasan Pantai Cemara Indah, Desa Padang Baru, Kecamatan Susoh kabupaten setempat jadi bangunan tua, terancam ambruk dan memperihatinkan.

Bangunan itu tidak digunakan lagi untuk kegiatan belajar mengajar pasca rusak parah akibat gempa dan tsunami beberapa tahun silam. Aktivitas belajar mengajar kemudian dipindahkan ke gedung SMK yang baru bantuan Pemerintah Jerman di kawasan kompleks pendidikan Padang Meurante Kecamatan Susoh.

Darman salah seorang warga, Kamis (18/6/2020) kepada wartawan mengaku prihatin dengan kondisi bangunan yang terancam ambruk akibat termakan usia. Bahkan, kondisi kompleks sekolah telah dipenuhi rumput liar akibat tidak adanya perawatan dan hanya dibiarkan begitu saja. Parahnya lagi, sejumlah bagian bangunan yang masih bernilai jual seperti seng gedung dan beberapa bagian lainnya telah banyak yang hilang akibat penjarahan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Atap gedung SMK ini dicuri pada akhir puasa lalu. Kondisi itu tentu semakin memperparah bangunan yang sejak lama telah dibiarkan kosong. Bangunan bertambah rusak dan akan lebih cepat ambruk,” ujarnya.

Hal lain yang lebih mengkhawatirkan warga sekitar kompleks sekolah itu yakni pemanfaatan gedung yang kosong serta sepi itu sebagai tempat untuk berbuat yang dilarang secara aturan agama dan aturan negara.

“Kondisi bangunan sudah sangat tidak layak lagi. Di beberapa titik, dinding dan lantai sudah keropos. Demikian juga atap bangunan, hampir sebagian tidak ditutupi seng lagi. Harapan kami bangunan itu diperhatikan, atau diupayakan yang terbaik agar tidak terbuang percuma,” imbuhnya. (ag)