Jalan Menuju BPN Abdya Dikeluhkan


Foto: analisisnews.com/agus
RUSAK: Kondisi jalan menuju kantor BPN Abdya dikeluhkan warga lantaran rusak parah dan susah untuk dilalui, Kamis (18/6/2020).

BLANGPIDIE-Kondisi jalan menuju kantor Badan Pertanahan Negara (BPN) Aceh Barat Daya (Abdya) mulai dikeluhkan warga. Pasalnya, lintasan jalan menuju kantor yang berlokasi di kawasan kompleks perkantoran Pemkab setempat dalam kondisi rusak parah dan memperihatinkan.

Zulman warga yang hendak menuju kantor dimaksud kepada wartawan, Kamis (18/6/2020) mengatakan, selama ini banyak warga yang mengaku kesusahan saat hendak menuju ke kantor tersebut. Selain jalan yang menanjak, kondisi jalan yang masih berkerikil itu juga tidak rata, serta banyak dihiasi lubang bekas gerusan air. Tidak jarang juga warga yang mengendarai sepeda motor tergelincir saat menanjak di jalan itu. Kondisi jalan yang belum dilapisi aspal itu, memang mengundang bahaya bagi pengendara roda dua saat hendak menuju kantor BPN.

Mirna warga lainnya juga mengeluhkan hal serupa. Sepengetahuannya, sejak kantor itu dibangun, jalan dimaksud memang belum pernah dilapisi aspal. Sehingga dari tahun ke tahun, kondisi jalan semakin parah, akibat kerap digerus air hujan serta air rembesan dari gunung di sekitar kawasan kantor.

Dia merasa khawatir dengan kondisi jalan tersebut, sebab selain belum di aspal  warga harus melewati tanjakan yang lumayan tinggi untuk sampai ke kantor itu. Jika tidak memiliki kemampuan berkendara yang mahir ditakutkan akan terjatuh dan berakibat fatal bagi masyarakat yang hendak mengurus sertifikat di BPN.

“Jalannya banyak dipenuhi kerikil tajam dan belum diaspal sehingga kalau tidak berhati-hati akan menyebabkan kecelakaan. Ada sekitar 150 meter yang rusak saat melewati jalan itu, karenanya harus berhati-hati jika tidak ingin tergelincir,” cetusnya.

Dia berharap, pihak pemerintah segera melakukan peningkatan badan jalan, apalagi jalan tersebut tidak pernah sepi dari aktivitas warga menuju kantor BPN, bahkan jalan tersebut merupakan akses satu-satunya untuk bisa sampai ke BPN.

Diaspal tahun ini

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Abdya, Ir Moch Tavip MM, membenarkan jalan dimaksud susah untuk dilalui, karena belum diaspal, terlebih bagi warga pejalan kaki maupun yang menggunakan roda dua. Akan tetapi katanya, jalan itu segera ditingkatkan tahun ini dengan lapisan aspal hotmix dan saat ini sedang dalam proses tender.

Tidak hanya jalan menuju BPN Abdya, sejumlah jalan lain yang belum diaspal dalam kompleks perkantoran Pemkab Abdya, juga akan ditingkatkan tahun ini. Terdapat sekitar 2 kilometer secara keseluruhan badan jalan yang belum diaspal dalam kawasan tersebut dengan serapan anggaran mencapai  Rp 3 miliar lebih bersumber dari APBK Abdya tahun 2020.(ag)