Hafidz Aulia Al-Farabi Juara Lomba Bercerita di Simeulue

Seorang peserta sedang mengikuti lomba bercerita tingkat kecamatan di kabupaten Simeulue beberapa waktu lalu

SINABANG – Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Teupah Barat, Hafidz Aulia Al-Farabi keluar sebagai juara lomba bercerita bagsi siswa SD/MI tingkat kecamatan di kabupaten Simeulue tahun 2020. Posisi kedua direbut Sifaul Askiya dari SDN 6 Teupah Barat dan juara 3 Enis Martika dari SDN 10 Teupah Barat.

Lomba yang digelar sejak tanggal 10 Juni 2020 itu, diselenggarakan SDN 7 Teupah Barat dan diikuti para siswa dari belasan sekolah di kecamatan Teupah Barat kabupaen Simeulue. Kegiatan ini dilaksanakan meningkatkan motivasi bercerita bagi siswa. Dalam pembukaan acara, turut dihadiri Kepala Bagian Arsip dan Pustaka Daerah, Ruli Yuni Puji dan dibuka Asisten 1 bidang Tata pemerintahan kabupaten Simeulue, Ibrahim, S.P.

Kepala Sekolah Penyelenggara sekaligus Ketua K3S kecamatan Teupah Barat, Zulmawadi, S.Pd saat memberikan sambutan pada kegiatan lomba bercerita tingkat kecamatan di Simeulue

Kepada media ini, Selasa (16/6/2020), Kepala Sekolah Penyelenggara sekaligus Ketua K3S kecamatan Teupah Barat, Zulmawadi, S.Pd mengatakan, dari 14 sekolah di kecamatan Teupah Barat, sebanyak 12 Sekoah yang mengikutsertakan siswanya pada lomba ini.

“Sekolah yang tidak ikut seperti SD Satu Atap (Satap) Pulau Teupah. Tidak memungkinkan ikut berpartisipasi karena faktor kondisi geografis yang brada di pulau . Sehingga ada resiko-resiko yang perlu di pertimbangkan. Insya Allah, tahun depan selaku ketua K3S akan terus berkoordinasi dengan seluruh sekolah,” ujar Kepala SDN 7 Teupah Barat ini.

Lebih lanjut, Zulmawadi juga berharap kedepan agar semua sekolah di Teupah Barat bisa berpartisipasi. Disisi lain, sebagai Kepala SDN 7 Teupah Barat, pihaknya berhrap kepada pemerintah daerah setempat, melalui Asisten Pemerintah Kabupaten Simeulue, kiranya SDN 7 Teupah Barat dapat lebih mendapatkan perhatian.

Beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan, kata Zulmawadi, diantaranya SDN 7 Teupah Barat merupakan sekolah inti gugus 19 kabaupaten Simeulue yang mengayomi sebanyak 6 sekolah imbas. Selain itu, seluruh bangunan yang ada di SDN 7 Teupah Baratt adalah bangunan warisan Non Government Organization (NGO) Cordaid .

“Sehingga perlu direhabilitasi, bahkan bangun baru kerana kondisinya sudah mulai kropos pada bagian yang berkonstruksi kayu dan atap,” ungkapnya.
Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan yaitu SDN 7 Teupah Barat selalu dilanda banjir kiriman dari persawahan penduduk pada saat musim hujan. Sehingga perlu peninggian seluruh bangunan dan pembuatan drainase yang lebih representatif.

“SDN 7 membutuhkan gedung baru seperti Musalla ruang UKS, gedung PKG dan fasilitas lain yang sampai saat ini belum ada termasuk pagar sekolah yang sangat memprihatinkan. SDN 7 Teupah Barat membutuhka riwot baik bagi kepala sekolah, guru maupun siswa karena pernah mengharumkan daerah dan provinsi Aceh ke tingkat nasional seprti cabang olahraga catur putra dan bola voli mini,” katanya.

Kepala sekolah berprestasi ini, mengungkapkan SDN 7 Teupah Barat telah menghasilkan lulusan yang berkompeten di berbagai bidang yang saat ini tersebar diplosok tanah air, seperti politisi, TNI, PM, anggota polri, tenaga medis, pejabat daerah dan profesi lainnya. (red)