Antisipasi Karhutla, Kodim Abdya Gladi Penanggulangan Bencana


Danrem 012/ Teuku Umar Kolonel Inf Djon Apriandi SIP MSDA

BLANGPIDIE-Jajaran Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (24/6/2020) menggelar latihan gladi posko penanggulangan bencana dalam rangka mencegah dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Makodim setempat. Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari dan berakhir pada 26 Juni 2020. Gladi posko itu dilakukan sebagai upaya menyiapkan unsur yang ada pada penanganan bencana alam khususnya Karhutla.

Danrem 012/Teuku Umar Kolonel Inf Djon Apriandi SIP MSDA mengatakan, Kabupaten Abdya termasuk daerah yang aman dari ancaman Karhutla. Meski terkadang juga ada namun mampu diantasipasi dan skalanya juga sangat kecil bila dibandingkan dengan daerah lainnya. Akan hal itu, pihaknya menempatkan Abdya sebagai salah satu lokasi untuk dilakukan gladi posko penanggulangan bencana. Dimana, awal Juni lalu pihaknya juga telah melakukan kegiatan yang sama di Kodim Subulussalam dan Kodim Aceh Selatan.

“Keberhasilan penanggulangan bencana adalah pola koordinasi yang bagus, persamaan prosedur, penanganan dengan instansi terkait termasuk dengan pemerintah setempat. Sehingga penanggulangannya akan berjalan secara bersama dan optimal,” ujarnya didampingi Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has ST MT dan sejumlah pejabat korem lainnya.

Ditambahkan, keterampilan dan pengetahuan para prajurit yang akan bertugas dalam penanganan bencana ini khususnya Kodim 0110/Abdya harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan agar memiliki kualitas prajurit yang profesional, mulai dari staf sampai dengan komandannya sebagai unsur pimpinan dalam kegiatan tersebut. Danrem juga meminta segenap jajaran TNI di jajaran Kodim 0110/Abdya tetap harus berdampingan dengan instansi terkait dalam penanganan bencana, walaupun sudah ada Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) di daerah tersebut.

Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan gladi tersebut untuk menguasai dan mahir dalam melaksanakan prosedur hubungan kerja antara Komandan dan staf di satuan Kodim 0110/Abdya. TNI memang harus siap disegala medan untuk menjalani perintah atasan. Penanganan karhutla, selain merupakan tugas pemerintah sebagai garda terdepan, TNI juga harus siap membantu dalam situasi apapun.

Secara singkat Dandim 0110/Abdya Letkol Czi M Ridha Has ST MT menyebutkan bahwa dalam gladi posko ini, pihaknya juga melibatkan instansi Kepolisian, Satpol PP, Tagana, SAR, RAPI dan Dishub setempat. Sehingga apa yang ditargetkan dapat berjalan secara optimal dan bisa diterapkan di lapangan. (ag)