Perawat Antusias Ikut Seminar Online Satgas Covid-19

Perawat Antusias Ikut Seminar Online Satgas Covid-19

Foto/int

PIDIE JAYA – Seminar online yang digelar Satgas Covid-19 Dewan Pengurus Pusat, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) memberikan kemudahan bagi tenaga perawat khususnya di Kabupaten Pidie  Jaya ( Pijay) untuk memperoleh sertifikat zoominar secara gratis dengan Satuan Kredit Profesi (SKP) sebesar 3 poin. Sertifikat tersebut, dapat mereka gunakan untuk mengurus Surat Tanda Registrasi (STR) perawat dari PPNI pusat, setiap lima tahun sekali.

Mulyawati, seorang perawat yang bertugas di Puskesmas Blang Kuta, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, Kamis (25/6) mengungkapkan  seminar tersebut mulai digelar sejak 4 Mei 2020, oleh Satgas Covid-19, Dewan Pengurus pusat PPNI. Seminar ini, lanjutnya, dapat diikuti dengan mengakses aplikasi zoom atau melalui chanel yotube setiap hari.

“Pengalaman saya, seminar dengan berbagai materi setiap harinya, yang pada intinya perawat berada digarda depan penanggulangan Covid-19 sangat mudah, karena bisa diikuti sambil istirahat dan dimana saja , setelah melakukan registrasi melalui link yang dibagikan itu,”sebutnya.

Seminar tersebut, setiap harinya diikuti belasan ribu perawat dari berbagai provinsi di Indonesia.  Seminar itu, pula disambut baik oleh para perawat khususnya di Pidie Jaya. “Kami sangat senang dengan adanya seminar ini, selain mendapatkan ilmu tambahan juga  memperoleh sertifikat 3 SKP, tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun, “sebutnya.

Menurut pengalaman sebelumnya, lanjut dia, untuk memperoleh selembar sertifikat dengan bobot 2 SKP saja, para perawat, selain mengikuti seminar secara langsung juga harus mengeluarkan biaya. “Kami sangat berharap seminar ini dapat terus berlanjut, jangan hanya digelar pada saat pandemi Covid-19 saja, karena ini sangat membantu kami untuk memperoleh SKP gratis untuk pengurusan STR,”tandasnya.

 Sementara itu, perawat di Pidie Jaya khususnya di Puskesmas Blang Kuta setiap harinya antusias mengikuti seminar ini. Seminar biasanya berlangsung setiap siang hari, dan melalui ponsel android masing-masing kemudian mereka melakukan registrasi awal, mengikuti seminar, sampai akhirnya mengisi registrasi evaluasi agar memperoleh sertifikat yang diharapkan itu.

“Setelah menjadi peserta seminar , kemudian sertifikat bisa diakses melalui link zoominar PPNI, sertifikat sangat berguna bagi kami untuk mengurus serta memperpanjang masa berlaku surat tanda registrasi (STR) perawat yang berlaku lima tahun sekali,”tandasnya. (ad)