Polres Abdya Ziarahi Makam Pahlawan Tengku Peukan


Foto: analisisnews.com/agus
ZIARAH MAKAM: Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK melakukan prosesi tabur bunga di makam pahlawan Tengku Peukan di kompleks Masjid Jamik Baitul Adhim Kecamatan Blangpidie, Senin (29/6/2020).

BLANGPIDIE-Jajaran Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (29/6/2020) menziarahi makam pahlawan Tengku Peukan yang berlokasi di Kompleks Masjid Jamik Baitul Adhim Kecamatan Blangpidie.

Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK usai kegiatan itu mengajak generasi muda untuk lebih  mencintai, memuliakan, dan meneladani para pahlawan yang sudah berjasa dalam memerdekakan negara Republik Indonesia.

“Ziarah ke makam pahlawan ini merupakan rangkaian dari HUT Bhayangkara ke-74. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kecintaan Polri terhadap para pahlawan yang sudah berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan negara,” terangnya.

Dikatakan, nilai-nilai perjuangan dan semangat juang para pahlawan agar dapat diteladani. Apalagi sikap kepahlawanan dan jiwa patriotisme para pahlawan yang mengandung nilai-nilai keberanian, kebenaran, cinta tanah air, rela berkorban, ketegasan, tanggung jawab, dan pantang menyerah. Nilai-nilai inilah yang harus tertanam dalam jiwa generasi muda Abdya. Generasi muda harus mendapatkan akses terkait sejarah kepahlawanan tanah air, sehingga mereka tidak mendapatkan informasi kepahlawanan dari luar. Sebab sangat banyak nilai-nilai kepahlawanan tanah air yang harus diteladani.

“Kami juga mengajak generasi muda untuk mencintai pahlawan, sehingga mereka dapat mengetahui bagaimana para pahlawan berjuang dalam memerdekakan negara yang kita cintai ini,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, nilai-nilai kepahlawanan ini juga diharapkan dapat diimplementasikan oleh jajaran Polres Abdya. Dirinya menyebutkan, semangat juang dan keteladanan para pahlawan harus dikenang disetiap saat.

“Memuliakan dan menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah mendahului kita sangat penting. Mudah-mudahan nilai-nilai ini bisa menginspirasi seluruh personel dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Prosesi ziarah makam tersebut juga dihadiri Waka Polres Kompol Zainuddin, SPd para pejabat Polres, Bhayangkari serta personel Polres setempat.(ag)