Bimtek Penyusunan RKAS Dinilai Penting Untuk Akuntabilitas Laporan Keuangan

Kabid Pendidikan Dasar dan Menengah Disdik Simeulue, Agusman, S.Pd sedang memberikan arahan saat membuka Bimtek penyusunan RKAS untuk tingkat SD dan SMP wilayah kecamatan Teupah Barat dan Teupah Selatan kabupaten Simeulue di SDN 7 Teupah Barat beberapa hari lalu.

SINABANG – Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dinilai penting untuk akuntabilitas laporan keuangan sekolah. Sehingga penggunaannya tepat sasaran.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Simeulue, melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah, Agusman,S.Pd saat membuka Bimtek penyusunan RKAS tahun 2020 yang dilaksanakan di SDN 7 Teupah Barat beberapa waktu lalu.

“Bimtek ini sangat penting untuk akuntabelnya laporan keuangan sekolah, apalagi mulai tahun 2020 ini dana bos regular itu tidak lagi melalui daerah, tetapi lansung ditransfer dari pusat ke rekening satuan pendidikan. Sehingga kepala sekolah dan bendahara dituntut agar dapat mengelola dana BOS sesuai juknis (petunjuk teknis) yang berlaku,” ujarnya.

Bimtek yang digelar pada tanggal 3 dan 4 Juli 2020 tersebut dipandu salah seorang narasumber nasional yang berasal dari kabupaten Bireuen, Azhari dan dihadiri peserta dari dua kecamatan yakni Teupah Barat dan Teupah Selatan.

Ketua panitia, Zulmawadi,S.Pd.I mengatakan, kegiatan Bimtek penyusunan RKAS tahun 2020 yang dilaksanakan di SDN 7 Teupah Barat dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Disdik kabupatem Simeulue.

“Bimtek ini diikuti oleh seluruh kepala sekolah dan bendahara tingkat SD dan SMP yang ada di wilayah kecamatan Teupah Barat dan Teupah Selatan sebanyak 40 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang,” katanya. (red)