BPJS Kesehatan dan Pemkab Abdya Bahas Peningkatan Kualitas DTKS


Foto: analisisnews.com/agus
BAHAS DTKS: BPJS Abdya dan Pemkab setempat membahas peningkatan kualitas dan kuantitas DTKS yang berlangsung di kantor Bupati Abdya, Kamis (9/7/2020) sore.

BLANGPIDIE-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Aceh Barat Daya (Abdya) bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Kamis (9/7/2020) sore menggelar diskusi membahas peningkatan kualitas dan kuantitas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Diskusi yang berlangsung di Kantor Bupati Abdya itu dihadiri Kepala BPJS Kesehatan Abdya, Yumiarti, Wakil Bupati Muslizar MT, Sekda Drs Thamrin serta sejumlah kepala satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK).

Kepala BPJS Kesehatan Abdya, Yumiarti mengatakan,  BPJS Kesehatan sejauh ini telah melakukan pemadanan data periode Januari 2020 dengan data kependudukan pusat periode semester I tahun 2018, dengan tujuan menguji data I keluarga  yang berbasis nomor kartu keluarga sesuai dengan data kependudukan yang telah terdaftar dalam DTKS periode Januari 2020. Disebutkan, untuk Kabupaten Abdya data penduduk yang sudah terdaftar di DTKS sebanyak 25.861 jiwa dari data tersebut masih terdapat anggota keluarganya sebanyak 13.399 jiwa yang belum terdaftar di dalam data DTKS dimaksud.

Sementara data yang belum terdaftar di DTKS nantinya dapat digunakan untuk peningkatan kualitas dan kuantitas DTKS oleh Dinas Sosial dengan melakukan proses verifikasi dan validasi kesesuaiannya terhadap data kependudukan dan selanjutnya melakukan penambahan data anggota keluarga dengan memperhatikan nomor identitas data terpadu anggota keluarga lain yang terdaftar dalam DTKS melalui pengesahan dan persetujuan di Aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG) periode bulan Juli 2020.

“Untuk Data DTKS dan non DTKS tersebut sudah diserahkan kepada Kepala Dinas Sosial Abdya dengan penandatanganan berita acara serah terima data,”  ujarnya.

Sekda Abdya Drs Thamrin mengatakan, Pemkab Abdya berkomitmen untuk segera menindaklanjuti terkait adanya data anggota keluarga yang belum terdaftar di dalam data DTKS. Pihaknya telah mengarahkan Dinas Sosial untuk dapat memenuhi pengolahan verifikasi dan validasi data DTKS itu dapat diselesaikan sesuai dengan batas akhir yang sudah ditetapkan.

“Telah kami sampaikan pada Kepala Dinas Sosial untuk dapat memenuhi verifikasi dan validasinya yakni tanggal 2 Agustus 2020 mendatang sudah ada penetapan DTKS dengan mengunggah surat pengesahan atau penetapan oleh Bupati Abdya dengan batas waktu 5 Agustus 2020,” singkatnya.(ag)