Empat Warga Abdya Positif Covid-19, Satu Diantaranya Meninggal

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST MKes

BLANGPIDIE-Empat orang warga Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dinyatakan positif terpapar virus corona (Covid-19) berdasarkan hasil tes Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Aceh.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Safliati SST MKes, Kamis (23/7/2020) malam mengatakan, keempat warga tersebut masing-masing berinisial MS (55) warga Kecamatan Lembah Sabil,  CY (27) warga Kecamatan Susoh, dan ML (40) warga asal Kecamatan Babahrot. Sementara Mar (63) dari Lembah Sabil telah meninggal dunia. Pasien yang meninggal dunia telah dikebumikan di kampung halamannya sesuai dengan protokol kesehatan. Sedangkan MS (55) yang tidak lain merupakan istri dari Mar, terpaksa menjalani isolasi mandiri setelah dinyatakan juga positif Covid-19. 

“MS menjalani isolasi mandiri di rumahnya, karena masih dalam suasana berduka. Namun tetap dalam pengawasan, karena yang bersangkutan tergolong orang tanpa gejala (OTG) tapi positif corona setelah menjalani tes Swab,” terangnya.

Sementara dua warga lainnya yakni CY dan ML menjalani perawatan di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Peukan (RSUDTP) Abdya. Keduanya itu dibawa ke rumah sakit karena memang dalam kondisi tidak sehat dan sudah lebih dulu sakit sebelum di lakukan tes Swab. Tim medis akan terus melakukan pemantauan rutin terhadap pasien itu. Jika kondisinya sudah membaik tetap akan dilakukan tes Swab kembali.

Juru bicara Gugus Tugas ini juga menerangkan kalau keempat pasien tersebut tidak ada riwayat perjalanan keluar daerah. Hanya saja, mungkin pasien terjangkit karena transmisi lokal. Pasien yang positif corona bisa saja sembuh sesuai dengan ketahanan tubuhnya.  Pasca adanya empat warga Abdya terpapar Covid-19, saat ini Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melakukan tracking kepada orang-orang yang pernah kontak dengan keempat pasien itu.

“Kami menghimbau seluruh lapisan masyarakat Abdya untuk tetap mematuhi dan menerapkan aturan protokoler kesehatan, agar penyebaran virus ini tidak semakin meluas, gunakan masker, rajin mencuci tangan menggunakan sabun serta hindari keramaian,” imbuhnya. (ag)