Harga Emas di Abdya Terus Naik

Ilustrasi

BLANGPIDIE-Harga emas murni di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), melambung dan jauh meningkat dari harga sebelumnya. Bahkan, diprediksi harga logam mulia itu bakal tembus Rp 3.000.000 juta per mayamnya atau setara dengan 3,33 gram.

Rizal pedagang emas di Blangpidie, Senin (27/7/2020) mengatakan, umumnya para pedagang emas di Abdya mematok Rp 2.950.000 per mayam untuk emas murni dan Rp 2.780.000 per mayam untuk harga emas london atau Rp 885.000 per gram. Mayam merupakan takaran emas yang berlaku di masyarakat Aceh. Jika dikonversikan dengan gram maka satu mayam diperkirakan bernilai sekitar 3,33 gram.

Untuk harga emas murni yang dijual warga kepada pedagang dibandrol dengan harga Rp 2.850.000 per mayam dengan kondisi yang masih bagus dan tidak mengalami kerusakan. Sementara harga untuk emas london yang dijual warga dibeli dengan Rp 2.700.000 juga tergantung kondisi emas.

“Rata-rata kenaikannya mencapai Rp 100 ribu untuk satu mayam, bahkan kondisi naiknya harga emas ini diprediksi akan terus terjadi, bisa saja mencapai harga Rp.3.000.000 per mayam,” katanya.

Menurutnya, harga emas sangat kecil kemungkinan turun harga atau berada dikisaran Rp 2.500.000 per mayam seperti sebelum pandemi Covid-19 melanda. Saat ini persentase jumlah pembelian emas  cenderung lebih rendah bila dibandingkan dengan yang hendak menjual kembali. Hal tersebut dimungkinkan tingkat pendapatan dari masyarakat Abdya mulai menurun selama pandemi Covid-19 melanda, sehingga mendorong minat masyarakat untuk menjual emas dan membeli kebutuhan sehari-hari, apalagi dalam waktu dekat masyarakat akan merayakan Idul Adha 1441 Hijriah.

“Umumnya masyarakat saat ini lebih cenderung untuk menjual dari pada membeli. Naik turunnya harga emas itu tergantung harga emas dunia serta juga bisa dipengaruhi tinggi rendahnya nilai tukar rupiah,” ungkapnya.

Ulfa salah seorang konsumen kepada wartawan mengatakan, harga emas naik turun tidak menjadi masalah, sebab hal itu sudah menjadi resiko bagi pengusaha ataupun pembeli.  Jika harga emas naik, itu kesempatan untuk konsumen menjual emas, khususnya emas london. Namun apabila harga emas turun, waktunya belanja emas bagi masyarakat. Menurutnya, dia lebih memilih membeli emas saat ini untuk mengakali harga. Biasanya harga emas akan terus meninggi saat mendekati lebaran puncak hari raya. (ag)