Kapolres Abdya Apresiasi Rateeb Sehat Puskiyai Aceh


Foto:analisisnews.com/agus
KUNJUNGAN: Kapolres Abdya AKBP Muhammad Nasution SIK saat berkunjung ke Dayah Manyang Puskiyai Aceh di Dusun Alue Trieng Gadeng, Desa Kayee Aceh, Kecamatan Lembah Sabil, Abdya, Senin (27/7/2020)

BLANGPIDIE-Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya) AKBP Muhammad Nasution SIK mengapresiasi pelaksanaan Rateeb Sehat (zikir dan doa sehat) yang diselenggarakan oleh Dayah Manyang Puskiyai Aceh di Krueng Baru, Desa Kayee Aceh, Kecamatan Lembah Sabil. Rateeb dimaksud dilaksanakan secara rutin dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Dalam kunjungan perdananya ke Puskiyai Aceh, Senin (27/7/2020) Kapolres Nasution sempat berbincang-bincang dengan Pimpinan Dayah Manyang Puskiyai Aceh, Tgk H Farmadi ZA MSc selaku inisiator terlaksananya Rateeb Sehat tersebut. Kegiatan itu menurutnya sangat luar biasa. Disamping berdoa dan berzikir, kegiatan Rateeb Sehat juga mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan tetap jaga jarak.  Bahkan dirinya juga berwacana akan mengikuti kegiatan Rateeb Sehat tersebut yang berlangsung tiga kali dalam sepekan, yakni setiap hari Minggu, Rabu dan Kamis.

“Nanti saya akan mengajak keluarga untuk mengikuti kegiatan Rateeb Sehat ini. Disamping untuk menjaga kesehatan, juga bisa berzikir dan berdoa,” ujarnya.

Sementara itu Pimpinan Dayah Manyang Puskiyai Aceh, Tgk H Farmadi ZA MSc menyambut baik kedatangan Kapolres Abdya untuk bersilaturahmi dan bertemu dengan para jemaah di Dayah Manyang.  Selain memperkenalkan program Rateeb Sehat, Abu Dayah Manyang (sapaan akrabnya) juga memberitahukan beberapa program pengajian lainnya seperti Fakulti Ilallahdi, Program Arbain setahun empat kali, suluk tiga kali dan Qurban serta Aqiqah. 

“Beliau (Kapolres) sangat agamis. Bahkan dalam kunjungannya, dia datang sebelum tiba waktu Dzuhur sehingga dapat melaksanakan salat secara berjamaah di Puskiyai,” tuturnya.

Kegiatan rateeb sehat ini sangat diminati oleh warga, baik dari dalam daerah bahkan ada dari kabupaten tetangga seperti Aceh Selatan. Awalnya yang ikut sedikit, tapi lama-kelamaan makin ramai karena unik dan di bawah sinaran matahari pagi.  Pelaksanaan rateeb sehat sendiri berlangsung diperkarangan Dayah Manyang Puskiyai Aceh. Ditengah-tengah perkarangan terdapat replika Kabah bagi jemaah yang akan melaksanakan manasik haji dan umrah. Seusai berzikir, para jamaah akan disugukan pemandangan bantaran sungai dengan bebatuan yang berkilau serta air Krueng Baru yang jernih ditambah udara sejuk dengan pegunungan yang masih asri. (ag)