Harga Daging Kerbau Capai Rp.200 Ribu per Kg


Foto: analisisnews.com/agus
DAGING: Pedagang daging meugang di pinggir Jalan Letkol BB Djalal, Desa Padang Hilir Susoh, Abdya menjajakan daging kerbau untuk kebutuhan meugang dan Idul Adha 1441 Hijriah, Rabu (29/7/2020).

BLANGPIDIE-Harga daging kerbau saat meugang (hari punggahan) menyambut Idul Adha 1441 hijriah di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang dijajakan di sejumlah titik terbilang tinggi dan mencapai Rp.200 ribu per kg. Harga tersebut berdasarkan pantauan wartawan Rabu (29/7/2020) di sejumlah lokasi penyembelihan hewan. Harga tersebut sebanding dengan harga daging pada saat meugang menyambut puasa Ramadan dan Idul Fitri lalu.

Darman warga Kecamatan Susoh mengatakan, meski harga daging tergolong mahal, tetap tidak menyurutkan daya beli masyarakat, meskipun ditengah pandemi corona virus (Covid-19). Sebab tradisi membeli daging baik kerbau maupun lembu jelang hari besar Islam itu sudah menjadi rutinitas dan membudaya di Aceh pada umumnya.

Tradisi pemotongan hewan seperti kerbau dan lembu sudah menjadi rutinitas tahunan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan hari raya baik di Abdya maupun daerah lainnya di Aceh. Dia mengaku tidak menjadi persolan jika harga daging bisa mencapai Rp.200 ribu per kilogram atau lebih dari itu. Dimana, momen seperti ini hanya bisa ditemukan tiga kali dalam setahun yakni jelang bulan puasa, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Tidak hanya di Susoh, harga daging juga sama di lokasi pemotongan hewan lainnya di Kecamatan Blangpidie, Pasar Tanjung Bunga, Kecamatan Tangan-Tangan termasuk di Kedai, Kecamatan Manggeng.

Dedi, salah satu penjual daging meugang, mengaku kalau harga satu ekor kerbau bisa mencapai Rp.30 juta bahkan bisa lebih dengan taksiran isi daging mencapai 160 kilogram. Namun ada juga harga kerbau Rp.20 juta per ekor tergantung seberapa besar bentuk tubuhnya.

Harga daging bisa saja menurun jika pembeli telah sepi. Jika pembeli masih ramai, harga daging masih mencapai Rp.200 ribu, tapi pada saat sudah memasuki pukul 10.00 WIB dan seterusnya, harga daging mulai turun secara perlahan hingga mencapai Rp.170 ribu per kg.(ag)