Kasus Virus Covid-19 di AbdyaTerus Bertambah

Ilustrasi

BLANGPIDIE-Kasus virus Covid-19 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus bertambah. Saat ini, angka kasus Covid secara keseluruhan menjadi 18 kasus. Hal itu disampaikan juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Abdya, Safliati SST Mkes, Sabtu (1/8/2020).

Disebutkan, dari 18 kasus dimaksud, sebanyak 16 orang masih dalam tahap penanganan tim medis pihak Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) Abdya, sedangkan 1 orang dinyatakan sembuh dan 1 lainnya dinyatakan meninggal dunia. Angka warga yang terjangkit virus tersebut berdasarkan  hasil pememeriksaan swab RT PCR di Laboratorium Balitbangkes Aceh. Dari keseluruhan warga yang positif Covid-19 itu, paling banyak dialami oleh tenaga medis pada RSUTP Abdya yang sebelumnya pernah kontak langsung dengan sejumlah pasien Covid.

“Jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi Covid-19 di Abdya mencapai 18 orang, termasuk pasien asal Kecamatan Manggeng yang telah dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu,  12 tenaga medis RSUTP, 4 pasien RSUTP dan 1 meninggal dunia,” ujarnya.

Terkait hal itu, Safliati yang juga Kepala Dinas Kesehatan Abdya mengimbau seluruh masyarakat di kabupaten setempat untuk tetap menerapkan aturan protokol kesehatan penyebaran Covid-19. Potensi penyebaran covid bisa saja lewat udara, tapi masih bisa disikapi dengan protokol yang selama ini sudah berjalan. Masyarakat tetap diimbau menggunakan masker. Lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudian, menghindari untuk berkumpul di ruangan tertutup dalam waktu lama. Apalagi yang memiliki sirkulasi udara yang buruk.

“Tetap jaga jarak, terapkan pola hidup sehat, gunakan masker, cuci tangan serta hindari kerumunan,” imbuhnya. (ag)