Covid-19 di Abdya Meningkat Jadi 21 Kasus

BLANGPIDIE-Angka penderita virus Covid-19 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terus bertambah. Saat ini kasus virus yang meresahkan masyarakat itu menjadi 21, dari sebelumnya 18 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Abdya, Safliati SST Mkes yang juga Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Senin (3/8/2020) mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan 16 sampel swab RT PCR dari Laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Aceh yang diterima pihaknya pada Sabtu (1/8/2020) lalu, terdapat empat sampel yang dinyatakan positif  Covid-19. Dari empat sampel itu, satu sampel merupakan hasil swab kedua MS warga Kecamatan Lembah Sabil. Sedangkan tiga lainnya merupakan warga Kecamatan Susoh dua orang dan sisanya warga Kecamatan Setia.

Penambahan tiga kasus positif virus Covid-19 yang terbaru ini merupakan dari kalangan tenaga medis yang selama ini bekerja di Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) Abdya. Sehingga jumlah tenaga medis RSUTP Abdya yang dinyatakan positif Corona menjadi 15 orang.

Dia menghimbau kepada seluruh masyarakat Abdya untuk tetap tenang dan tidak panik. Akan tetapi teruslah menerapkan aturan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari. Jaga kebersihan, jaga kesehatan, gunakan masker saat beraktivitas, jaga jarak, rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih serta hindari keramaian.

“Dalam 21 kasus Covid-19 di Abdya ini termasuk satu warga Kecamatan Manggeng yang telah dinyatakan sembuh beberapa waktu lalu dan satu warga Kecamatan Lembah Sabil yang belum lama ini meninggal dunia setelah dinyatakan positif Covid,” paparnya.(ag)