Layanan Kesehatan RSUTP Abdya Ditutup Sementara

Rumah Sakit Umum Tengku Peukan Abdya

BLANGPIDIE-Akibat adanya peningkatan sacara signifikan angka kasus Covid-19 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan lebih didominasi tenaga medis di RSUTP kabupaten setempat, Bupati  Akmal Ibrahim Sabtu (1/8/2020) mengeluarkan surat pemberitahuan terkait penutupan sementara layanan kesehatan di rumah sakit umum daerah setempat.

Dalam surat pemberitahuan itu, Bupati Abdya menekankan bahwa layanan RSUTP Abdya ditutup selama 14 hari terhitung sejak 3-16 Agustus mendatang. Namun khsusus untuk layanan isntalasi gawat darurat (IGD), apotek, ruang haemodalisa, unit transpusi darah (UTD) dan ruang isolasi khusus (RIK) Covid-19 tetab buka seperti biasa.

Sementara itu, untuk layanan kesehatan masyarakat dilakukan pada setiap Puskesmas rawat inap masing-masing wilayah secara intensif  dan tidak merujuk pasien ke RSUTP Abdya sampai adanya surat pemberitahuan selanjutnya. Bagi pasien yang memerlukan obak khusus seperti TB-MDR, obat jantung, obat diabetes mellitus, obat epilepsi akan dilayani pada hari Rabu disetiap pekan. Kemudian untuk pasien yang bersifat darurat memerlukan rujukan, maka akan dirujuk ke rumah sakit umum terdekat dan proses rujukan dimaksud harus melalui IGD RSUTP Abdya.(ag)