Tidak Daftar Ulang SKB CPNS, Peserta Dianggap Mundur

Ilustrasi

BLANGPIDIE-Sebanyak 327 peserta ujian seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) diwajibkan untuk mendaftar ulang hingga batas akhir yang telah ditentukan yakni 7 Agustus mendatang. Jika tidak melakukan pendaftaran ulang, maka peserta dimaksud akan dianggap mundur dari proses seleksi SKB.

Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur melalui Sekretarisnya Rahmad Sumedi SE, Kamis (6/8/2020) mengatakan, sejauh ini peserta yang mendaftar ulang SKB telah banyak, bahkan hampir tuntas. Berdasarkan data peserta yang telah mendaftar ulang di akun masing-masing, terdapat  sebanyak 16 peserta yang belum melakukan daftar ulang hingga Kamis (6/8/2020) pukul 11.00 WIB, sementara  311 peserta sudah melakukan daftar ulang dan telah memilih lokasi tes. Jadwal daftar ulang ini  sesuai dengan surat BKN Nomor : K 26-30/V 116-4/99, tanggal 27 Juli 2020.

“Hingga pukul 11.00 WIB hari ini masih ada 11 peserta yang belum mendaftar ulang. Kepada peserta yang belum mendaftar ulang untuk segera melakukan pendaftaran, agar bisa mengikuti SKB. Untuk para peserta yang telah mendaftar ulang sebagai peserta SKB dapat dilihat di website bkpsdm.acehbaratdayakab.go.id,” paparnya.

Dijelaskan, dari 311 peserta yang telah mendaftar ulang, sebanyak 301 peserta mengikuti SKB di gedung Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Abdya di Blangpidie, 8 peserta di Kantor Regional IV BKN Medan, 1 peserta di BKN Pusat dan 1 peserta di Kantor Regional VI BKN Makasar.

Mengenai jadwal pelaksanaan SKB pada bulan September mendatang, berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Nomor : K 26-30/V 116-4/99, tanggal 27 Juli 2020. Diawali pengumuman dan pendaftaran ulang SKB sejak tanggal 1-7 Agustus, pencetakan kartu ujian SKB dilaksanakan 8 Agustus, penjadwalan SKB sejak 10-14 Agustus, pengumuman jadwal pelaksanaan SKB pada 18 Agustus. Pelaksanaan SKB 1-12 September, pengolahan hasil SKD (seleksi kompentensi dasar) dan SKB dilaksanakan 8-18 Oktober, rekon integrasi hasil SKD dan SKB sejak 19-23 Oktober, penyampaian hasil seleksi 26-28 Oktober, pengumuman hasil seleksi pada 30 Oktober, dan usul penetapan NIP  pada 1-30 November 2020 mendatang. Pengumuman mengenai peserta dan pembagian waktu per sesi tes pelaksanaan SKB CPNS akan disampaikan melalui website bkpsdm.acehbaratdayakab.go.id.

Dalam pelaksanaan SKB nantinya, panitia tetap akan memberlakukan ketentuan protokol kesehatan bagi peserta SKB penerimaan CPNS.  Wajib menggunakan masker, mengenakan baju lengan panjang berwarna putih dan celana atau rok hitam, jilbab warna hitam. Peserta juga tidak diperbolehkan membawa barang-barang berharga atau perhiasan ke lokasi ujian, wajib membawa KTP elektronik atau Surat Keterangan Perekaman KTP elektronik serta Kartu Ujian SKB.(ag)