125 PNS Abdya Terima SK Kenaikan Pangkat


Foto: analisisnews.com/agus
SERAHKAN SK: Sekretaris BKPSDM Abdya, Rahmad Sumedi SE (dua dari kanan) usai menyerahkan SK PNS 100 persen kepada 2 orang bidan di aula BKPSDM setempat, Selasa (11/8/2020) kemarin.
 

BLANGPIDIE-Sebanyak 125 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima surat keputusan (SK) kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2020 di aula Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat.

Kepala BKPSDM Abdya, drh Hj Cut Hasnah Nur melalui Sekretarisnya Rahmad Sumedi SE, Rabu (12/8/2020) mengatakan, sebanyak 125 orang PNS yang menerima SK kenaikan pangkat itu terdiri dari 105 orang golongan III/d ke bawah dan 17 orang golongan IV/a ke atas. Dirincikan dalam 125 SK kenaikan pangkat itu, terdapat PNS yang mengalami kenaikan pangkat otomatis (JFU) sebanyak 44 orang, kenaikan pangkat jabatan struktural  sebanyak 32 orang, kenaikan pangkat fungsional tertentu  sebanyak 36 orang dan kenaikan pangkat penyesuaian ijazah sebanyak 13 orang.

“Untuk penyerahan SKnya telah dilaksanakan Selasa (11/8/2020) kemarin. Selain 125 PNS yang menerima SK kenaikan pangkat, juga ada yang menerima SK PNS 100 persen yakni sebanyak 2 orang yang merupakan bidan,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, kepada PNS yang mendapatkan kenaikan dia berharap, agar prestasi itu dapat diiringi dengan peningkatan disiplin, dedikasi dan loyalitas yang tinggi sekaligus diharapkan lebih proaktif dalam melayani kepentingan masyarakat. Kenaikan pangkat bukanlah suatu hak, akan tetapi merupakan penghargaan yang diberikan pejabat berwenang atas hasil penilaian kinerja, pengabdian dan prestasi kerja.

“Sekarang bukannya zaman kuda makan besi, tapi kuda makan roti. Semua layanan sudah menggunakan aplikasi, jadi diharapkan kepada Kasubbag Umum dan Kepegawaian untuk lebih teliti dan hati-hati dalam penginputan data,” pungkasnya.

Pelayanan kenaikan pangkat di lingkup Pemkab Abdya dilaksanakan secara Paperless sejak tahun 2018 melalui Aplikasi SiTANGKAS (Sistem Pelayanan Kepegawaian Tanpa Berkas)  yang merupakan pengembangan sistem informasi kepegawaian daerah. Hal ini tentunya memberi kemudahan bagi pengelola kepegawaian tiap perangkat organisasi  dalam hal pengajuan usul kenaikan pangkat pegawai.  Pada SiTANKAS tersedia menu pengajuan usul kenaikan pangkat secara online dan dokumen elektronik persyaratan kenaikan pangkat. Hal ini sejalan dengan surat Badan Kepegawaian Negara Nomor: D 26-30/V 108-9/99  yang menerapkan aplikasi DocuDigital sebagai aplikasi pendamping sistem aplikasi pelayanan kepegawaian (SAPK) guna terlaksananya layanan kepegawaian secara Paperless di wilayah kerja Kanreg XIII BKN se-Provinsi.

“Karenanya kami berharap kenaikan pangkat PNS ini dapat memacu kenaikan prestasi kerja sesuai penempatan tugasnya masing-masing. Terus bekerja dengan disiplin dan tingkatkan prestasi kerja. Berikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat serta terus tingkatkan kreativitas dan inovasi dalam bekerja,” imbuhnya. (ag)