Satlantas Polres Abdya Sosialisasikan Tertib Lalulintas Via Daring


Foto: analisisnews.com/agus
SOSIALISASI: Kasat Lantas Polres Abdya, Iptu Fitriadi SH mensosialisasikan tertib berlalulintas via daring atau melalui aplikasi zoom meeting di SMAN Unggul Tunas Bangsa Abdya, Selasa (11/8/2020).

BLANGPIDIE-Satlantas Polres Aceh Barat Daya (Abdya), mensosialisasikan dan edukasikan budaya tertib berlalulintas melalui aplikasi zoom meeting atau dalam jaringan (Daring) dengan 20 pelajar di SMAN Unggul Tunas Bangsa Kompleks Pendidikan Padang Meurante, Kecamatan Susoh.

Kasat Lantas Polres Abdya, Iptu Fitriadi SH didampingi Kanit Dikyasa Satlantas Bripka Prawiro Djoko S dan Banit Regident Briptu Ria Kartika, Selasa (11/8/2020) mengajak seluruh pelajar untuk tertib berlalulintas agar terhindar dari kecelakaan (lakalantas).  Kegiatan sosialisasi biasanya langsung berhadapan dengan siswa di sekolah. Tapi kali ini dilakukan via aplikasi zoom meeting atau daring, sesuai dengan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Dia mengimbau, para pelajar yang belum cukup umur dan tidak mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM), untuk mengurangi menggunakan sepeda motor saat pergi dan pulang sekolah.

“Jika hendak dan pulang sekolah lebih baik diantar orang tua atau keluarga lainnya, sehingga lebih aman,” ujarnya.

Upaya tersebut bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Abdya. Menurutnya, melalui sosialisasi itu diharapkan siswa-siswi paham dan mau mentaati rambu-rambu lalulintas. Sebab, kasus lakalantas itu sering terjadi pada usia produktif, yaitu antara usia 15-25 tahun termasuk di dalamnya ada anak-anak sekolah. Karenanya para pelajar harus dapat memahaminya sehingga tidak ugal-ugalan di jalan yang justru akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

“Kegiatan sosialisasi tertib berlalulintas ini mendapat respon positif dari pihak sekolah terutama kepala sekolah, guru maupun siswa,” paparnya yang juga didampingi Kepala Sekolah Arianto SPd. Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan secara bertahap di sekolah-sekolah lainnya yang berada di Kabupaten Abdya, dengan tujuan supaya para pelajar semakin sadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.  Diharapkan mereka juga menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas menuju Indonesia tertib bersatu keselamatan nomor satu. (ag)