Wabup Apresiasi Penyiapan Ruang Pinere RSUTP Abdya


Foto: analisisnews.com/agus                                                              
RUANG PINERE: Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT (peci hitam) saat meninjau kesiapan ruang Pinere RSUTP Abdya usai diresmikan, Kamis (13/8/2020).

BLANGPIDIE-Wakil Bupati (Wabup) Aceh Barat Daya (Abdya), Muslizar MT mengapresiasi langkah cepat manajemen Rumah Sakit Umum Tengku Peukan (RSUTP) dalam menyiapkan ruang isolasi Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging (Pinere). Hal itu disampaikannya saat Peresmian ruang Pinere yang turut disaksikan Sekda Abdya, Drs Thamrin, Direktur RSUTP dr Ismail Muhammad SpB, Kepala Dinas Kesehatan, Safliati SST Mkes, Kepala BPBK, Amiruddin serta unsur terkait lainnya yang ditandai dengan pengguntingan pita, Kamis (13/8/2020).

“Upaya pihak RSUTP Abdya dalam menyiapkan ruangan Pinere untuk pasien Covid-19 tanpa gejala merupakan langkah tepat dan cepat. Hal itu perlu diapresiasi, sebab upaya ini merupakan bentuk keseriusan dalam menekan angka penularan Covid-19 di Abdya,” ujarnya.

Akan hal itu dia berharap, jika ada masyarakat yang dinyatakan positif  Covid-19 tanpa gejala untuk bersedia diisolasi dan dirawat di ruang tersebut. Dengan fasilitas penunjang yang telah disiapkan itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama bagi yang positif Covid-19.

Sementara itu, Sekda Abdya, Drs Thamrin mengatakan peresmian ruang Pinere RSUTP Abdya itu, menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Sekda Aceh, dr Taqwallah MKes beberapa waktu lalu. Berdasarkan hasil pertemuan itu, seluruh rumah sakit diwajibkan memiliki ruang Pinere. Di ruang Pinere itu nantinya akan merawat masyarakat yang positif Covid-19 tanpa gelaja (OTG). Sejauh ini ruang pinere RSUTP itu, masih banyak kekurangan kelengkapan dan fasilitas penunjung lainnya. Namun hal itu akan terus dilengkapi demi kenyamanan pasien yang dirawat.

“Direncanakan di ruangan itu akan disediakan wifi, telivisi, dan fasilitas pendukung lainnya, sehingga pasien selama dirawat bisa nyaman,” pungkasnya.(ag)