Upacara Peringatan HUT RI ke-75 di Aceh Besar Berlangsung Khidmat

Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali bertindak selaku inspektur upacara Peringatan HUT RI ke-75 tahun 2020 di halaman Kantor Bupati Aceh Besar, Senin (17/8/2020). (Foto: Barlian)

KOTA JANTHO – Meskipun dalam suasana Pandemi Virus Corona (Covid-19), upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 di Kabupaten Aceh Besar berlangsung khidmat, Senin (17/8/2020) pagi. Bertindak selaku inspektur upacara yakni Bupati Aceh Besar, Ir H Mawardi Ali.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar menggelar upacara secara sederhana dan sesuai protokol kesehatan di halaman kantor Bupati setempat. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara digelar di lapangan Bungong Jeumpa kota Jantho.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Aceh Besar Tgk H Husaini A Wahab, Ketua DPRK Iskandar Ali SPd MSi, Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi, Kajari Rajendra D Wiritanaya SH, Kapolres AKBP Riki Kurniawan SIK, unsur Forkopimda lainnya, Kepala OPD, dan TNI/Polri.

Upacara yang berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai 07.45 WIB itu dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19. Dalam upacara HUT RI ke-75 di Aceh Besar itu, bertindak selaku komandan upacara Iptu. Fachrul Razi, dan Perwira upacara AKP. Mulyana.

Sementara yang menjadi petugas Paskibraka adalah personil purna Paskibraka Aceh Besar tahun 2019 dan aubade berasal dari siswa-siswi SMA Montasik. Doa dipimpin oleh Kakankemenag Aceh Besar H Abrar Zym.

Usai upacara, Bupati Aceh Besar, Ir. H Mawardi Ali kepada wartawan mengatakan, meskipun peringatan HUT RI tahun ini berlangsung dalam kondisi pandemi Covid-19, namun tetap khidmat, lancar, dan sukses.

Dikatakannya, peringatan HUT RI ke-75 merupakan momentum kepada seluruh bangsa Indonesia untuk terus memacu pembangunan di berbagai bidang demi peningkatan kesejahteraan seluruh rakyat. “Meskipun dilaksanakan secara sederhana, melalui kegiatan ini harus selalu muncul semangat mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa,” katanya.

Lebih lanjut, Bupati Mawardi Ali mengajak semua pihak untuk bersemangat dalam mengisi kemerdekaan. “Memang tidak semeriah seperti biasanya karena dalam keadaan Covid-19. Meskipun dilaksanakan dalam bentuk sederhana, semua memaknai HUT RI ini untuk mengisi pembangunan dan terus kita menyemangati untuk tetap mengisi kemerdekaan,” ujarnya.

Seusai upacara, Bupati dan Forkopimda, dan pejabat terkait lainnya mengikuti vidcom bersama Presiden dari Istana Negara di Jakarta. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Kantor Bupati Aceh Besar. Selanjutnya, direncanakan Bupati dan Forkopimda menghadiri penyerahan remisi bagi warga binaan lembaga permasyarakatan Kelas II b Jantho. (red).