Kepala BKKBN Aceh: Melalui Momentum HUT RI, Mari Tingkatkan Kinerja

BANDA ACEH – Melalui momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Kepala perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) provinsi Aceh, Drs. Sahidal Kastri, M.Pd mengajak seluruh aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan instansi tersebut untuk meningkatkan kinerja dalam rangka mengisi kemerdekaan.

Hal itu disampaikan Sahidal Kastri saat bertindak sebagai inspektur upacara HUT RI ke-75 di halaman kantor perwakilan BKKBN provinsi Aceh, Senin (17/8/2020). Dalam kesempatan itu, para ASN pegawai negeri sipil (PNS) maupun non PNS di lingkungan instansi tersebut diajak untuk meneladani semangat dan kegigihan para pahlawan terdahulu.

Dikatakan, usia kemerdekaan Republik Indonesia sudah 75 tahun, merupakan hasil jeripayah dari para pahlawan kita yang luar biasa.
“Pahlawan-pahlawan kita rela meninggalkan harta benda, keluarga bahkan rela mengorbankan nyawa,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Sahidal Kastri mengingatkan perjuangan para pahlawan dari Aceh seperti Teuku Umar, Cut Nyak Dhien, Cut Meutia, Chik Ditiro dan sebagainya yg menjadi contoh pahlawan yang betul-betul ikhlas.

“Oleh karena itu, diusia kemerdekaan yang sudah 75 tahun ini, kita dituntut untuk mengisi kemerdekaan. Sebagai ASN yang PNS, maupun non PNS, sekarang diberikan amanah untuk mengsi kemerdekaan ini,” ujarnya.

Dikatakannya, kalau pahlawan dulu rela meninggalkan keluarga, harta bahkan jiwa untuk merebut kemerdekaan.Sekarang ini, kita tidak perlu meninggalkan keluarga, tidak perlu juga mengorbankan harta, tetapi dituntut meningkatkan kinerja.

Apalagi, katanya, dalam kondisi panemi Covid-19 saat ini yang menjadi cobaan terhadap Negara dan dunia internasional. Tetapi yang perlu dilakukan adalah, apa yang kita berikan untuk bansa dan Negara ini, yang tenetunya sesuai dengan target kinerja masing-masing.

Meskipun demikian, terkadang kata Sahidal, ASN lalai dengan hal sepele dan mengenyampingkan tugas utama. “Jangankan meningkatkan target kinerja, kadang-kadang kita mengorbankan tugas-tugas utama kita, hanya karena hal spele dan pribadi,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengharapkan seluruh ASN perwakilan BKKBN Aceh. “Saya harapkan untuk mencapai target kinerja yang ditetapkan bersama,” ajaknya.

Melalui momentum HUT RI ke-75, ASN juga diajak untuk merefleksikan kembali bagaimana para pahlawan dengan semangat dan gigihnya untuk mendirikan Negara kesatuan Republik Indonesia.

“Oleh karena itu, kita dituntut untuk mengisi kemerdekaan bagaimana supaya rakyat tidak lagi miskin, bagaimana rakyat Aceh itu tidak lagi tersangkut dengan penyakit-penyakit yang tidak kita inginkan, Insya Allah dengan pembangunan keluarga yang berkualitas dapat berkontribusi positif untuk kesejahteraan rakyat Aceh,” ujarnya. (Barlian)