Gugus Tugas Sosialisasi Protokol Kesehatan di Pedalaman

Gugus Tugas Sosialisasi protokol kesehatan di pedalaman Aceh Timur, Kamis (27/8). (Analisisnews. com/sairi)

IDI RAYEUK – Untuk melakukan sosialisasi disiplin protokol kesehatan, Satuan Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Aceh Timur bergerak ke pedalaman kabupaten tersebut.

“Personel Satpol-PP kita kerahkan setiap harinya sebanyak delapan personel. Dalam sosialisasi tersebut ke pedalaman, Pol-PP bergabung dengan TNI, Polri, dan BPBD, Saat ini kita masih ingatkan dan menyerahkan masker bagi warga yang tidak memakai masker,” ujar Kasatpol-PP dan WH Aceh Timur T.Amran, SE.MM kepada wartawan di sela-sela Sosialisasi protokol kesehatan di Banda Alam, Aceh Timur, Kamis (27/8).    

Ia menambahkan, untuk ke depan Pemkab Aceh Timur akan menerapkan sanksi bagi warga yang tidak memakai masker, sehingga kepada masyarakat diharapkan mematuhi protokol kesehatan untuk keselamatan kita semua.    

Sementara, Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Aceh Timur, Ashadi, SE, MM, menyatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi disiplin protokol kesehatan, baik di pesisir maupun pedalaman.

Hal itu dilakukan menurutnya agar masyarakat mengetahui bahaya dari virus Corona yang kian mewabah secara nasional.

“Bukan hanya di titik-titik tertentu, namun pusat pasar dan tempat keramaian lainnya di seluruh kecamatan kita turunkan personel untuk mensosialisasikan Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang disiplin meningkatkan penegakan hukum protokol kesehatan,” kata Ashadi.

Diterangkannya, Inpres tersebut tentu menjadi acuan dalam operasi yang dilakukan satgas tingkat kabupaten hingga ke kecamatan. “Razia dan sosialisasi masker ini sudah berlangsung sepekan dan akan berlanjut hingga akhir Oktober mendatang,” tutur Ashadi.

Kendati demikian, tambahnya, Gugus Tugas mengimbau masyarakat terus mengenakan masker saat beraktifitas di luar rumah, sering mencuci tangan dan menjaga wudhuk, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta tetap membiasakan hidup sehat.

“Tim satgas yang terlibat dalam razia dan sosialisasi disiplin protokol kesehatan terdiri dari TNI, Polri, Pol-PP, dan Satgas BPBD. Katanya, penertiban disiplin dalam menjaga protokol kesehatan ini sudah mulai dilakukan sejak pandemi Covid-19  mewabah ke Aceh,”ujarnya.

Sehingga, tambahnya,  Pihak Gugus Tugas perketat setelah dua warga daerah ini dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dipertengahan Juli lalu. (sairi).