Sekda: Pelaku Penyebar Ujaran Kebencian Bukan PNS Aceh Jaya

Sekdakab Aceh Jaya, Mustafa

CALANG – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya, Mustafa memberikan klarifikasi terkait adanya penangkapan oknum PNS diduga telah melakukan tindak pidana Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan unsur ujaran kebencian atau Sara di media sosial Facebook, Kamis (27/8/2020)

“Perlu kami perjelaskan jika oknum tersebut bukan merupakan salah satu PNS atau ASN Aceh Jaya. PNS tersebut merupakan salah satu pegawai Kementerian Perhubungan di KPLP pelabuhan Calang,” ungkap Sekda, saat dikonfirmasi diruang kerjanya.

Sekda menghimbau kepada seluruh internal staf, pegawai negeri, ASN dalam Aceh Jaya dalam rangka berkomunikasi dan memberikan informasi melalui mensos agar memahami jika ujaran kebencian merupakan bentuk kriminal yang telah di atur dalam UUD ITE.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu dipamahami secara detil terkait penerapan UUD tersebut, agar disaat menggunakan mensos akan lebih bijak, sehingga tidak berurusan dengan pihak penegak hukum.

Dirinya juga berharap kepada seluruh masyarakat Aceh Jaya agar tenang dalam menyikapi persoalan agar tidak kembali menimbulkan keresahan masyarakat lainnya.

“Mari kita menghormati bersama segala bentuk proses hukum yang sedang berjalan terhadap salah satu oknum masyarakat kita yang diduga telah melakukan tindak pidana ITE dengan unsur ujaran kebencian atau Sara di media sosial Facebook,” ujarnya. (rel/red)