Bentuk Karakter Generasi Muda, Kodim 0110/Abdya Bina Pramuka


Foto: analisisnews.com/agus
FOTO BERSAMA: Jajaran Kodim 0110/Abdya foto bersama dengan anggota Pramuka usai pembinaan karakter melalui kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, Jumat (28/8/2020).

BLANGPIDIE-Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) terus memberikan pembinaan karakter kepada generasi muda. Upaya tersebut dilakukan salah satunya melalui kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika, Jumat (28/8/2020).

Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Arip Subagiyo melalui Plh. Pasiter Kapten Inf Mohd Arifin menyebutkan kegiatan pembinaan Pramuka ini dimaksudkan untuk membentuk generasi muda sebagai penerus bangsa agar berkarakter mandiri, disiplin, tanggung jawab dan cinta tanah air. Pembinaan Pramuka dilakukan oleh staf  Teritorial dan dibantu para Babinsa di masing-masing Koramil. Materi pelatihan meliputi teori pengetahuan dasar Kepramukaan dan sejarah Saka Wira Kartika.  Pelatihan Pramuka tersebut cukup diminati oleh generasi muda terutama kalangan pelajar. Materi praktik yang diajarkan dan sangat diminati pelajar seperti kompas, navigasi darat, dan P3K.

“Pembinaan dan perekrutan anggota Pramuka ini digelar secara serentak di tiga kecamatan Babahrot, Susoh dan Tangan-tangan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan. Pembinaan Pramuka seperti ini menjadi program rutin kita dan akan terus dilaksanakan,” ujarnya.

Ditambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu wadah pembinaan generasi muda yang mempunyai peran penting untuk mengembangkan bakat, minat dan kemandirian generasi muda melalui proses pembentukan kepribadian sehingga terwujud insan yang bermental tangguh, bermoral tinggi, beriman dan bertakwa.

Dalam pembinaan kepada para generasi muda, salah satu wujudnya yakni untuk memberikan bekal serta mendorong moral dan membentuk para pelajar untuk berperan aktif dalam kegiatan bela negara yang diaplikasikan melalui kegiatan kepramukaan.  Hal ini dilakukan agar terbentuknya karakter bangsa yang bisa tumbuh dan berkembang serta bisa bekerja sama, baik dalam bentuk kelompok atau secara individual sehingga akan mampu menangkal berbagai pengaruh negatif yang timbul di era arus informasi yang kian pesat.

“Kegiatan ini adalah salah satu cara membentuk karakter generasi Pramuka yang inisiatif dan kreatif dalam setiap kegiatan, guna menumbuhkan Pramuka yang berkualitas,” pungkasnya. (ag)