Kepala BKKBN Berikan Penghargaan Kepada Ketua PKK Aceh Tengah

*Dirangkai dengan Penyerahan Piagam Satya Lencana Karya Satya dari Presiden

BANDA ACEH – Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Aceh Tengah, Puan Ratna mendapat penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K). Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Drs. Sahidal Kastri, M.Pd di aula BKKBN Aceh, Senin (7/9/2020).

Ketua TP. PKK Aceh Tengah, Puan Ratna, mengatakan, penghargaan tersebut dapat diterimanya berkat partisipasi semua pihak, yang ikut serta mendukung program Banggakencana BKKBN.

“Alhamdulillah, ini moment yang istimewa bagi saya. Terimakasih atas partisipasinya ibu-ibu yang membantu kami, sehingga kami dapat memperoleh penghargaan ini.
Penghargaan ini bagi kami sangat besar dan istimewa,” katanya.

Lebih lanjut, Puan Ratna mengungkapkan, penghargaan tersebut juga sebagai motivasi baginya untuk lebih giat lagi kedepan. “Kedepan kita terus bersinergi, sehingga program BKKBN dapat tercapai. Kami juga mengajak PKK kabupaten Aceh Tengah untuk terus mendukung program BKKBN,” ujarnya.

Piagam Satya Lencana Karya Satya

Selain penyerahan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada ketua TP-PKK Aceh Tengah, juga digelar penyerahan Piagam Satya Lencana Karya Satya Kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) di lingkungan Perwakilan BKKBN Aceh dari Presiden RI Ir. H Joko Widodo. Piagam Satya Lencana Karya Satya tersebut juga diserahkan kepala Perwakilan BKKBN Aceh, Sahidal Kastri.

Sahidal Kastri mengucapkan terimakasih atas komitmen ketua TP PKK Aceh tengah yang telah mendukung program Banggakencana BKKaban di Aceh Tengah. Dikatakannya, penghargaan Manggala Karya Kencana merupakan penghargaan tertinggi dari BKKBN kepada individu yang dinilai berperan aktif terhadap program BKKBN.

“Ini artinya, ketika diberikan, bahwa pemerintah pusat itu sangat menghargai setinggi-tingginya atas partisipasi dalam program Banggakencana (Pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana),” katanya.

Dengan kiprah yang aktif dalam program Banggakencana, sehingga, kata Sahidal, oleh Pemerintah Pusat menilai bahwa Ketua TP-PKK Aceh Tengah layak untuk diberikan penghargaan ini.

Lebih lanjut, dalam sambutannya, Sahidal mengungkapkan, saat ini terdapat sejumlah persoalan yang dinilai perlu terua diatasi, yaitu masih tingginya angka stunting di Aceh. Menurutnya, stunting tidak hanya disebabkan kekurangan gizi saja, tetapi juga masih tingginya angka nikah muda maupun kurangnya menggunakan alat kontrasepsi khususnya bagi ibu usia 30-40 tahun.

“Program PKK ini sejalan dengan program Banggakencana BKKBN. Saya mengucapkan selamat ibu ketua TP-PKK Aceh Tengah dan seluruh jajarannya, yang begitu gigih untuk bagaimana program keluarga berencana dapat terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Disamping itu, Sahidal Kastri juga mengucapkan selamat atas penghargaan Satya Lencana Karya Satya dari Presiden kepada puluhan PNS dan PKB di lingkungan BKKBN Aceh, yang telah mengabdi pada masa kerja 10 tahun, 20 dan 30 tahun. “Tetaplah kita berkarya selagi kita diberi amanah,” tutupnya. (Barlian)