Puluhan Anggota Pramuka Abdya Dilatih Public Speaking


PELATIHAN: Kakwarcab Pramuka Abdya, Muslizar MT membuka kegiatan pelatihan public speaking yang berlangsung di aula Bappeda setempat, Sabtu (19/9/2020).

BLANGPIDIE-Puluhan anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Aceh Barat Daya (Abdya), Sabtu (19/9/2020) antusias mengikuti kegiatan pelatihan public speaking di aula Bappeda setempat. Kegiatan yang melibatkan peserta dari tingkat penggalang dan penegak itu dibuka langsung Kakwarcab Pramuka Abdya, Muslizar MT yang juga Wakil Bupati Abdya.

Kakwarcab Pramuka Abdya, Muslizar MT dalam kesempatan itu mengatakan, gerakan Pramuka merupakan suatu sistem pendidikan nonformal yang membantu dan melengkapi pendidikan formal. Pramuka juga merupakan wahana penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa.

“Pramuka ini merupakan wadah untuk menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin serta membina semangat kebersamaan bagi para anggota,” ujarnya.

Ditambahkan, melalui gerakan Pramuka para generasi muda dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh di bangku sekolah. Mulai dari belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan, belajar bermain di alam bebas, membangun keberanian dan tanggungjawab, serta belajar memimpin anggota yang lain. Akan hal itu, anggota Pramuka baik tingkat penggalang maupun penegak harus memiliki karakter yang kuat, moral yang tinggi sehingga tidak mudah terombang ambing oleh deras arus informasi era globalisasi yang tidak ada batas ini. Selain itu, Pramuka juga harus mampu berkompetisi dengan berbagai komunitas lintas sektoral.

“Maka dari itu pelatihan public speaking ini merupakan salah satu upaya membekali adik-adik untuk melatih percaya diri, berfikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu mengkolaborasikan semua potensi menghadapi era digital yang penuh tantangan,” paparnya.

Dia berharap, melalui kegiatan dimaksud, seluruh peserta, gugus depan seluruh kwartir ranting untuk bersama-sama mempersiapkan diri menjadi pribadi yang tangguh.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, H. Husaini Haji, S.Pd mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi diri, khususnya berbicara di depan publik, melatih cara berfikir kritis, mampu memecahkan dan mengatasi masalah dengan cepat, tepat serta mampu menempatkan diri dalam berbagai situasi.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 90 orang terdiri dari tingkat penggalang dan penegak termasuk peserta seleksi jambore Asia. Para peserta selama kegiatan berlangsung akan disuguhi materi tentang teknik komunikasi dan retorika, cara meningkatkan kualitas diri serta cara meningkatkan rasa percaya diri. Semoga saja para peserta dapat menerapkan ilmu yang diperoleh nantinya dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk kemajuan bangsa,” pungkasnya.(ag)