Kadis Kelautan dan Perikanan Abdya Tutup Usia

Almarhum Asnir Agus SPi

BLANGPIDIE-Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Asnir Agus SPi dikabarkan tutup usia pada Rabu (23/9/2020) pagi jelang subuh sekira pukul 04.00 WIB.        Kabar duka itu beredar cepat di kalangan para pemangku jabatan di Abdya, masyarakat hingga para nelayan di kabupaten setempat.

Kabid Perikanan Tangkap DKP Abdya, Heriadi SPi yang ketika itu sedang berada di rumah duka di Desa Blang Dalam, Kecamatan Susoh membenarkan kabar duka tersebut. Banyak pihak, baik dari kalangan pejabat maupun teman dekat hingga masyarakat yang mengenali almarhum merasa kaget dengan musibah itu. Terlebih almarhum Asnir diketahui tidak ada riwayat sakit apapun. Dalam sepekan terakhir, almarhum yang dikenal sebagai sosok ramah dan mudah bergaul ini terlihat agak kurang sehat, namun masih sanggup pergi ke kantor dan beraktivitas seperti biasa.

“Saya kaget tiba-tiba mendapatkan kabar kalau beliau telah tutup usia yakni sekitar pukul 04.00 WIB jelang Subuh,” katanya.

Ditambahkan, belum lama ini almarhum juga sempat mengeluhkan kepala pusing. Kemudian dia dibawa ke tempat Ustad Fauzan kawasan Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan untuk menjalani pengobatan secara rukiyah. Pascaberobat itu, rasa pusing di kepala almarhum mulai membaik. 

“Sepengetahuan saya beliau hanya memiliki penyakit asam urat, kalau yang lain saya kurang tau,” ujarnya.

Almarhum menghembuskan nafas terakhir di rumah mertuanya di Sangkalan tepatnya di Desa Blang Dalam, Kecamatan Susoh. Kemudian almarhum disalatkan di Musala Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie dan dikebumikan di TPU Desa Geulumpang Payong. Pria yang dikenal bersahaja ini, meninggalkan satu orang istri dan empat orang anak.  Anak pertama masih duduk di bangku kelas 6 SD, sedangkan yang paling kecil baru berumur dua tahun. (ag)